Ketidakpastian Global Alasan Utama BI Rate Tidak Berubah

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 19 Jul 2015 19:03 WIB
bi rate
Ketidakpastian Global Alasan Utama BI Rate Tidak Berubah
Gubernur BI Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada Selasa 14 Juli kemarin memutuskan untuk tidak mengubah suku bunga acuan (BI rate) pada level 7,5 persen. Banyak hal yang bertanya mengapa BI rate dipertahankan. Lalu, apa alasannya BI tetap mempertahankan posisi interest rate dalam enam bulan terakhir ini?

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menjelaskan alasan mengapa bank sentral tetap mematok suku bunga acuan pada level 7,5 persen sejak diturunkan dari 7,75 persen pada Februari lalu yakni karena pihaknya memandang masih ada kondisi ketidakpastian ekonomi dunia.

"Secara umum BI menetapkan BI rate tetap karena banyak sekali ketidakpastian dari luar," kata Agus, di Jakarta, seperti diberitakan Minggu (19/7/2015).

Agus menjelaskan, ketidakpastian utama yang membuat tetapnya suku bunga acuan tersebut yakni terkait rencana the Fed yang berencana memangkas suku bunganya pada semester II-2015.

Belum jelasnya kapan tepatnya suku bunga dinaikkan membuat kekhawatiran merusak dan memengaruhi pasar keuangan dunia, termasuk di Indonesia.

Selain itu, ketidakpastian juga datang dari ekonomi Tiongkok. Meski secara umum sudah mulai stabil, namun kondisi pasar modal Tiongkok masih dalam kondisi perbaikan. Hal ini terjadi lantaran bursa saham Tiongkok beberapa waktu lalu sempat mengalami guncangan yang signifikan dan membuat investor lari dan memilih dolar.

"Kondisi seperti ini membuat BI tidak bisa mengubah BI rate," pungkasnya.


(ABD)