Polda Yogyakarta Buru Pelaku Pembuat Gaduh di Bantul

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 22 Jul 2015 10:34 WIB
penyerangan
Polda Yogyakarta Buru Pelaku Pembuat Gaduh di Bantul
Kepala Polda Yogyakarta Brigjen Pol Erwin Triwanto. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Polda Yogyakarta Brigjen Pol Erwin Triwanto mengatakan kepolisian telah mendalami dan mengejar siapa pelaku yang berupaya membakar rumah ibadah di Jalan Dirgantara Nomor 71, Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Erwin mengatakan polisi telah mengumpulkan informasi untuk membantu pencarian. "Kami dapat informasi pelaku menggunakan motor (bebek) Jupiter," kata Erwin saat ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (22/7/2015).

Erwin menambahkan kasus yang menimpa rumah ibadah ini tidak ada kaitannya dengan konflik di luar daerah, termasuk kerusuhan di Tolikara, Papua. "Ini tidak ada kaitannya dengan kasus lain," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan para ulama, tokoh agama, dan ormas. Tujuannya agar bisa meredam kasus tersebut.

Sebelumnya, upaya pembakaran gereja GBI Saman terjadi pada Senin, 20 Juli, pukul 03.00 WIB. Akibat upaya itu, tembok bagian depan gereja, pintu, dan langit-langit di dalam gereja membekas noda hitam akibat asap pembakaran.

Kepala Bidang Humas Polda Yogyakarta Anny Pudjiastuti menambahkan, kepolisian akan berupaya mencari pelaku pembakaran itu. "Kami bertindak sesuai tugas, yakni mengusut tindakan kriminalnya," tambahnya.


(UWA)