Kepala BIN Kumpulkan Tokoh Agama

Rudy Polycarpus    •    Rabu, 22 Jul 2015 18:28 WIB
penyerangan
Kepala BIN Kumpulkan Tokoh Agama
Sutiyoso. Foto: Rommy Pujianto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso akan mengumpulkan para tokoh agama sebagai langkah preventif meminimalisasi dampak dari insiden Tolokara, Papua. Langkah ini dilakukan agar insiden di Tolikara tak meluas. 

Meski menegaskan situasi keamanan di Tolikara masih kondusif, Sutiyoso menegaskan langkah preventif dilakukan agar eskalasi insiden Tolikara tak meluas seraya menunggu hasil penyelidikan kepolisian. "Akan saya kumpulkan pemimpin agama di tingkat nasional Kamis besok," ujarnya saat dihubungi, Rabu (22/7/2015).

Ia melanjutkan, langkah serupa juga ditempuh dengan mengumpulkan pemimpin agama di daerah. "Nanti itu dikumpulkan kepala BIN di daerah."

Sutiyoso berharap agar tokoh-tokoh agama, baik di tingkat pusat dan daerah, dapat mengimbau umatnya untuk dapat menahan diri.

Sementara, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Fuad Basya menegaskan keamanan di Papua merupakan tanggung jawab kepolisian karena insiden tersebut masuk kategori kriminal. 

Meski demikian, ia menyatakan TNI akan membantu pengusutan kasus tersebut, termasuk mencari aktor intelektualnya. "TNI sifatnya hanya memberi bantuan. Kami membantu apapun yang dibutuhkan," tandasnya.

Insiden di Kabupaten Tolikara, Papua, terjadi Jumat pekan lalu dan mengakibatkan puluhan bangunan kios dibakar. Dalam insiden ini, sejumlah orang ditembak aparat. Peristiwa tersebut menewaskan seorang warga dan melukai 10 orang.



(KRI)