Asrama Pusat Persenjataan TNI AD di Bandung Terbakar

Roni Kurniawan    •    Kamis, 23 Jul 2015 16:54 WIB
kebakaran
Asrama Pusat Persenjataan TNI AD di Bandung Terbakar
Petugas pemadam berusaha api tak kembali berkobar di Pusenkav TNI AD di Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Api berkobar di asrama Pusat Persenjataan Kavaleri (Pusenkav) TNI Angkatan Darat (AD) di Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jawa Barat. Satu bangunan eks barak yang beralih fungsi menjadi dapur umum hangus terbakar.

Kebakaran terjadi sekira pukul 14.06 WIB, Kamis 23 Juli. Api menghanguskan bangunan seluas 240 meter persegi.

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu 20 menit untuk menjinakkan api. Petugas menurunkan 7 unit kendaraan pemadam, satu tangki, dan satu mobil rescue dalam kejadian tersebut.

Komandan Detasemen Pusenkav TNI AD Letkol Agus Tabah menduga api berasal dari arus pendek listrik atau korsleting. Titik api, katanya, bermula dari dapur di bagian tengah. Beruntung, warga segera mengamankan tabung gas sehingga tak meledak.

"Api menyembur dari atas. Di bawah ada tabung gas. Dugaan awal karena arus pendek," ujar Agus.

Agus mengatakan belum dapat menaksir kerugian. Sebab, bangunan itu memang sudah lama berdiri sejak zaman pendudukan penjajah Belanda.

"Tidak signifikan, karena wujud bangunan lama. Bangunan sudah tidak layak pakai. Dibangun pada jaman Belanda dulu. Kabel-bakel listriknya juga sudah lusuh sangat," pungkasnya.

Hasil pantauan Metrotvnews.com, saat ini bangunan tersebut dipasang garis larangan untuk melintas oleh Pusenkav TNI AD. Selain itu, tim Inafis dari Polrestabes Bandung pun turut hadir untuk melakukan proses identifikasi.


(RRN)