Kecelakaan Diperkirakan Meningkat, Kelayakan Bus Lebaran Diperiksa

Patricia Vicka    •    Kamis, 23 Jul 2015 17:42 WIB
transportasi
Kecelakaan Diperkirakan Meningkat, Kelayakan Bus Lebaran Diperiksa
Polres Sleman cek kelaikan transportasi lebaran, Metrotvnews.com/ Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polres Sleman, Yogyakarta, mengecek kelayakan bus angkutan Lebaran di Terminal Jombor. Kegiatan itu menyusul hasil evaluasi arus mudik 2015 yang menyebutkan kecelakaan lalu lintas diperkirakan meningkat 10 persen dibanding tahun lalu.

"Kebanyakan karena faktor ketidaklayakan angkutan umum dan kelalaian supir. Maka kami lakukan pengecekan ini untuk mencegah bertambahnya kecelakaan," ujar Kanit Dikyasa Polres Sleman, Ipda Margono, di Terminal Jombor Yogyakarta, Kamis (23/7/2015).

Pengecekan berlangsung mulai 22 Juli 2015 hingga hari ketujuh setelah Lebaran (H+7). Selain izin, dan dokumen, petugas juga mengecek kelaikan kendaraan mulai dari ban serep, fungsi rem, serta ketersediaan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

"Jumlah bus yang kami periksa setiap tempat ada sekitar 25-30 bus. Diambil secara acak. Kemarin kami temukan 3 bus yang supirnya cabutan. Lalu segera kami tindak," kata Margono.

Ia pun mengimbau pengemudi bus dan pemudik berhati-hati saat melintasi Jalan Wates mulai dari Km 5 hingga 8. "Karena tempatnya crowded dan banyak orang menyeberang jalan, sehingga rawan kecelakaan," tuturnya.


(RRN)