Bisnis dan Investasi Jadi Tujuan Utama PM Inggris ke Jakarta

Fajar Nugraha    •    Senin, 27 Jul 2015 12:05 WIB
indonesia-inggris
Bisnis dan Investasi Jadi Tujuan Utama PM Inggris ke Jakarta
Menlu Retno Marsudi (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perdana Menteri Inggris David Cameron akan tiba di Jakarta, hari. Penguatan hubungan ekonomi akan menjadi perhatian utama Cameron.

"PM Cameron akan tiba di Indonesia dan akan membawa rombongan yang cukup besar. Termasuk 30 pengusaha besar dari berbagai macam usaha," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usai membuka The Asia-Pacific Regiobal Meeting on Peacekeeping, di Jakarta, Senin (27/7/2015).

"Tujuan utama (kunjungan PM Cameron) adalah memperkokoh hubungan ekonomi kita dengan Inggris. Sebagaimana diketahui bahwa Inggris merupakan salah satu mitra utama Indonesia di Eropa, baik dari segi perdagangan, investasi dan penyumbang wisata tersebar dari Eropa," lanjutnya.

Kunjungan PM Cameron ini adalah bagian kunjungannya ke negara-negara di Asia. "Yang perlu saya tekankan adalah, ini adalah kunjungan luar negeri pertama bagi PM Cameron di luar Eropa. Jadi ini memperlihatkan bagaimana cara pandang Inggris kepada Indonesia," imbuh Menlu Retno.

Ini merupakan kunjungan kedua Cameron ke Indonesia, namun merupakan kali pertama ke wilayah Asia setelah pemilihan umum Inggris pada Mei lalu.

Cameron bersama beberapa menteri dan utusan khusus Inggris akan membicarakan hubungan bilateral Inggris dan Indonesia di berbagai sektor, termasuk finansial, energi, infrastruktur, perdagangan, investasi dan lainnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dalam konferensi persnya, Minggu (27/7/2015), menyebutkan PM Cameron akan berdialog dengan pebisnis Asean Business Council di Jakarta.

Selain bisnis, Cameron juga akan membicarakan masalah ekstremisme yang semakin mengkhawatirkan dengan sejumlah petinggi agama, terutama terkait kelompok militan Islamic State (ISIS). Selama ini, ISIS dikenal mampu merekrut banyak militan dari berbagai negara.


(FJR)