Madrasah Gandeng Kampus Orientasi Siswa Baru

Nurul Hidayat    •    Senin, 27 Jul 2015 14:15 WIB
pendidikan
Madrasah Gandeng Kampus Orientasi Siswa Baru
Mahasiswa terlibat dalam MOS di sebuah sekolah di Jombang, Metrotvnews.com/ Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Madrasah Aliyah Assulaimaniyah di Jombang, Jawa Timur, tak ingin kecolongan perpeloncoan dalam masa orientasi siswa (MOS). Pihak sekolah pun menggandeng sebuah universitas untuk mendampingi pelaksanaan MOS.

Kepala Sekolah MA Assulaimaniyah, Barrurohim, kerja sama itu bukan kali pertama. Ia mengatakan kerja sama itu untuk meminimalisasi budaya perpeloncoan.

"Agar para anggota organisasi siswa intra madrasah (Osim) dapat belajar bagaimana melaksanakan sebuah kegiatan, dari sini budaya balas dendam senior ke junior dapat diminalisasi dan lebih bermanfaat bagi peserta didik," ujarnya, Senin (27/7/2015).

Barrurohim menambahkan masa orientasi merupakan perkenalan lingkungan sekolah baru bagi peserta didik. Siswa baru diperkenalkan dengan proses belajar mengajar tanpa intimidasi.

"Orientasi harus dilakukan secara benar agar peserta didik merasa nyaman dan dapat menempuh jenjang pendidikan dengan penuh dengan ketekunan," imbuhnya.

Di lain tempat, Siti Hajar Fauziah, mahasiswa dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang yang digandeng dalam MOS, mengatakan bersyukur dengan kerja sama itu. Ia pun dapat menerapkan ilmu yang didapat dair kampus.

"Di kampus kita belajar bagaimana teori mengajar sedangkan di sekolah ini kita belajar menerapkan ilmu yang kita dapat," jelasnya.

 


(RRN)