Barcelona akan "Melawan" Sanksi UEFA

Achmad Firdaus    •    Senin, 27 Jul 2015 16:06 WIB
liga champions
Barcelona akan
Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu (Foto: AFP PHOTO/ LLUIS GENE)

Metrotvnews.com, Barcelona: Barcelona tidak terima dengan putusan komite etik UEFA yang menjatuhkan denda akibat insiden "bendera" di final Liga Champions 2014--2015 lalu. Josep Maria Bartomeu yang baru terpilih sebagai presiden klub menyatakan bahwa pihaknya akan "melawan" keputusan tersebut.

Barcelona dijatuhi sanksi denda sebesar 30 ribu euro atau setara Rp443 juta oleh UEFA menyusul insiden berkibarnya bendera Estelada (bendera Catalan) pada laga final Liga Champions kontra Juventus di Berlin, akhir Mei lalu.

(BACA: Insiden Final Liga Champions, Barcelona Didenda Rp443 Juta)

UEFA menilai, tindakan tersebut telah melanggar aturan karena berbau politis. Bendera dengan corak merah-kuning dengan aksen bintang di sebelah kirinya itu diketahui merupakan bendera dari kelompok separatis Catalan yang sudah sejak lama ingin memisahkan diri dari Spanyol.

Namun, kubu Barcelona ternyata tidak terima dengan tudingan tersebut. Bartomeu menilai, munculnya bendera Estelada merupakan bentuk dari kebebasan yang diberikan Barcelona kepada fan-nya untuk mengekspresikan diri.

"Barcelona akan selalu mendukung kebebasan berekspresi. Barcelona tidak pernah melarang anggota dan juga fans untuk mengeluarkan ide dan perasaan mereka dengan cara yang damai, baik itu di dalam stadion atau di lapangan sepak bola lain di mana mereka datang untuk mendukung pemain kami," ujar Bartomeu kepada Washington Post.

"Barcelona tidak setuju dengan sanksi dari UEFA dan akan meminta mereka untuk meninjau ulang masalah ini. Sebagaimana yang sudah saya katakan sebelumnya, kami meyakinkan bahwa hak-hak dari fan kami tidak bisa diganggu-gugat," lanjutnya.

"Kami mendukung mitra kami dan juga fan. Kami juga percaya dengan semangat kebebasan yang sudah menjadi karakteristik klub ini sejak pertama kali berdiri 115 tahun silam," tegas pria yang menyisihkan Joan Laporta dalam pemilu presiden klub Barcelona, 18 Juli lalu. (Goal)


(ACF)