Ini Tahun-Tahun Keberhasilan Polda Metro Jaya Ungkap Sindikat Narkoba

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 28 Jul 2015 10:53 WIB
narkoba
Ini Tahun-Tahun Keberhasilan Polda Metro Jaya Ungkap Sindikat Narkoba
Kapolri, Kabareskrim, dan Kapolda Metro Jaya saat merilis hasil pengungkapan jaringan narkoba 360 kilogram----MTVN/Fikar

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Narkotika Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat narkoba internasional dengan barang bukti 360 kilogram narkoba, awal Juli lalu. Ini merupakan keberhasilan kesekian kali Polda Metro Jaya mengungkap kasus narkoba.

Dalam kurun tiga tahun terakhir, dari 2012 hingga 2015, Dit Narkoba Polda Metro Jaya sudah empat kali mengungkap jaringan narkoba internasional dengan barang bukti di atas 50 kilogram.

Pada 8 Mei 2012, Dit Narkoba mengungkap sindikat jaringan narkoba internasional jenis sabu sebanyak 220 kilogram. Kemudian, pada 24 April 2014, mengungkap jaringan sabu seberat 91 kilogram.

Dilanjut pada 18 Juni 2015 dengan mengungkap sindikat jaringan sabu sebanyak 72,3 kilogram. Terakhir, mengungkap sindikat jaringan internasional narkotika jenis sabu sebanyak 360 kilogram pada Jumat 10 juli lalu.

Pengungkapan jaringan yang terakhir oleh direktorat pimpinan Kombes Pol Eko Daniyanto itu dinilai sebagai yang terbesar dalam sejarah kepolisian.

"Ini merupakan rekor pengungkapan terbesar dalam sejarah Kepolisian Republik Indonesia," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).

Keberhasilan itu, kata Anang, setara dengan mengamankan uang Rp540 miliar hasil kejahatan. Keberhasilan tersebut telah menyelamatkan jutaan nyawa anak Indonesia.

"Dan dapat menyelamatkan 1,8 juta jiwa anak bangsa atau generasi penerus bangsa dari pemakaian narkoba," tegasnya.

Mendapat apresiasi BNN, Kombes Pol Eko Daniyanto berjanji terus mengusut peredaran narkotika yang masuk ke wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dia bakal menggandeng seluruh stakeholder demi memerangi kejahatan narkotika.

"Kami tidak berhenti sampai di sini dan penghargaan ini sudah barang tentu sebagai motivasi dan semangat anggota Dit Narkoba Polda Metro Jaya untuk terus bekerja serta mengungkap jaringan sindikat narkotika yang lebih besar lagi," tegas Eko.


(TII)