Kejar Aset Century, Penyidik Terbang ke Swiss Besok

Renatha Swasty    •    Selasa, 28 Jul 2015 19:33 WIB
kasus century
Kejar Aset Century, Penyidik Terbang ke Swiss Besok
Direktur Tipideksus Polri Brigjen Victor Simanjuntak/Metrotvnews.com/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) akan bertolak ke Swiss dalam upaya mengembalikan aset ratusan dolar milik pemegang saham pengendali Century Hesyam Al Warraq dan Rafat Ali Risvi. Direktur Tipideksus Brigjen Victor Simanjuntak akan turun langsung dalam penyelamatan aset tersebut.

"Saya akan ke Swiss besok terkait dana US$156 juta milik Bank Century. Kalau dibiarkan dana itu tidak akan bisa dicairkan," kata Victor di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).

Victor berangkat mendampingi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan pihak Kementerian Hukum dan HAM. Pengejaran dengan tujuan mencairkan aset akan dilaksanakan hingga 3 Agustus.

"Saya mendampingi Kemenkum HAM dan LPS. Saya baru akan kembali pada 3 Agustus nanti," sambungnya.

Tim mengaku sulit melakukan pencairan aset di Swiss karena ketentuan yang berlaku di sana tidak mengkategorikan perbuatan Hesyam dan Rafat sebagai tindak pidana. Tindakan keduanya hanya dianggap pelanggaran administrasi perbankan. 

Otoritas Swiss akhirnya menyarankan agar diajukan gugatan perdata. Gugatan perdata sudah dilakukan dan sekarang tengah dilakukan banding oleh Telltop Holdings Ltd di Dresdner Bank (Swiss) sebagai pihak yang digugat.

Hesyam dan Rafat diketahui juga memiliki aset di Hong kong dan Swiss sebesar USD5.6 juta. Pihak berwenang sudah melakukan Mutual Legal Asistance (MLA) untuk aset tersebut.


(OJE)