Dubes Iran Terkena 'Demam' Batu Akik

Husen Miftahudin    •    Kamis, 30 Jul 2015 12:33 WIB
batu akik
Dubes Iran Terkena 'Demam' Batu Akik
Valiollah Muhammadi---MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Demam batu akik tak cuma melanda Indonesia, tapi juga negara para mullah, Iran. Mengenakan cincin akik adalah tradisi populer, tak hanya laki-laki namun juga perempuan di Iran.

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi salah satunya. Ia mengenakan batu akik berwarna merah kecoklatan di jari manis kanannya saat menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Menurut dia, memakai akik merupakan tradisi dan tren yang datang dari kepercayaan Islam Syi'i. "Biasanya di Iran banyak sekali batu hias, akik, dan firus. Dipakai berdasarkan akidah dan kepercayaan mereka," ujar Valiollah ditemui di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Sayangnya, ia tak menjelaskan jenis dan asal batu yang dikenakan saat bertemu Wapres. Yang pasti, akik yang dipakai Valiollah merupakan jenis batu bagus.

"Tentu saja ini akik yang bagus. Harganya? Ada deh," tuturnya sambil terkekeh.

Saat ditanya terkait batu akik asal Indonesia, hingga saat ini ia belum pernah melihatnya. Namun ada beberapa pengusaha Iran yang membawa akik asal Persia.

"Saya belum lihat (batu akik asal Indonesia). Ada beberapa pengusaha dari Iran yang membawa akik ke sini," pungkas Valiollah


(TII)