Air Gun Seperti Milik 'Koboi' Tol JORR Dijual Bebas

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 31 Jul 2015 14:12 WIB
penembakan
Air Gun Seperti Milik 'Koboi' Tol JORR Dijual Bebas
Situs penjual airsoft gun. (Foto:www.pusatairsoftgun.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Senjata air gun, seperti yang digunakan Rachmanto alias `koboi` di tol lingkar luar Jakarta (JORR), ternyata dijual bebas. Harganya di kisaran Rp 2 juta per unit.
 
Air gun rata-rata dijual online. Berdasarkan penelusuran Metrotvnews.com, dalam akun www.pusatairsoftgun.com, berbagai jenis air gun dijual mulai dari laras pendek hingga panjang. Yang termasuk laras pendek di antaranya KWC Taurus PT99 yang dijual seharga Rp2,3 juta beserta peluru dan ongkos kirim.
 
Kalau ingin mendapat kartu tanda anggota Perbakin, konsumen dapat memiliki senjata ini hanya dengan harga Rp3 juta.
 
Selain KWC Taurus, ada pula KWC FN 19116 mm yang dijual seharga Rp2,3 juta hingga Rp3 juta. Baretta, salah satunya Baretta M9 KJW. Senjata tersebut dijual lebih murah yakni Rp2.250.000 hingga Rp 2.900.000 beserta dengan kartu tanda anggota Perbakin atau kartu tanda anggota club.
 
Senjata jenis Baretta ini ada berbagai tipe, Baretta M9 KJW, Baretta Px4 Strom, Barreta M9A1, serta Baretta m9 we. Dari keempat tipe tersebut, senjata dengan tipe Baretta Px4 Strom memiliki harga agak mahal, yakni Rp6,3 juta hingga Rp6,8 juta.
 
Selain itu, ada pula senjata laras pendek jenis Glock, KJW, KSC, Tanaka Produk, Umarex Produk, WE dan Wingun Produk.
 
Sementara itu, senjata laras panjang yang diperjualbelikan di pusatairsofgun.com ini di antaranya, senjata Air Arm, M500 SSB, M4 CQB KJW dengan kaliber 6 mm, MP5 MS1 dengan kaliber 6 mm, M4 Defender (G&P), serta Colt M4A1 Gas kaliber 6 mm BBs dengan main material alumunium atau nylon fiber.
 
Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp3,3 hingga Rp6,5 juta. Sedangkan yang termahal jenis M4 Defender (G&P) seharga Rp6 juta hingga Rp6,5 juta, senjata ini memiliki spesifikasi seperti megazine capacity: 130; length: 720mm/800mm; weight: 3250g; built material: metal & abs; inner barrel length: 11,5"; gearbox: 8mm bearing gearbox, motor G&P M120 Hi-Speed; battery: advise using 7.2v or 8.4v battery.
 
Dalam akun ini tertera nama penjualnya berserta kontaknya, yakni bernama Zulkipli Lubis. Bahkan tertera alamat toko pusat airsoft tersebut di depan Mako Brimob Depok. Namun saat ditelusuri, alamat tersebut  bukan di depan Mako Brimob Depok, melainkan di sebuah gang kecil dekat SMK Harapan Bangsa Depok, Jalan Akses UI, Depok, Jawa Barat.
 
Di toko tersebut pun terpampang lambang resmi Perbakin dan logo sekretariat basis shooting club. Sayangnya, tak ada yang bisa dikonfirmasi terkait penjualan senjata airsoft gun tersebut.
 
"Sekarang lagi tutup, kalau mau wawancara besok saja. Tidak tahu tutup sampai jam berapa, soalnya lagi ada acara pemiliknya," kata seorang warga yang enggan menyebutkan namanya kepada Metrotvnews.com, di Depok, Jumat (31/7/2015).
 
Polisi telah mengamankan pelaku penembakan mobil keluarga di Tol JORR, kampung Rambutan, Jakarta Timur. Pelaku diamankan berikut barang bukti mobil dan senjata airsoft gun,  jenis Beretta M84.


(FZN)