Qualcomm Berhasil Kembangkan Teknologi Wireless Charging Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 02 Aug 2015 09:45 WIB
qualcomm
Qualcomm Berhasil Kembangkan Teknologi Wireless Charging Baru
Wireless charging baru dari Qualcomm mampu bekerja meskipun ada benda metal di dekatnya (foto: techtimetea.com)

Metrotvnews.com: Teknologi wireless charging, atau pengisian daya secara nirkabel memang telah diterapkan di beberapa perangkat. Qualcomm termasuk perusahaan yang getol dalam mengambangkan teknologi tersebut, dan baru-baru ini mereka mengumumkan sebuah teknologi baru yang memungkinkan perangkat dengan casing logam dapat melakukan pengisian daya secara nirkabel. Teknologi yang dinamakan WiPower tersebut pun telah memenuhi standar Rezence, sehingga kemungkinan akan diterapkan ke ranah konsumen dalam waktu dekat.

Teknologi wireless charging memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya. Sayangnya, teknologi tersebut masih terhalang berbagai keterbatasan. Salah satunya yang paling sulit dipecahkan adalah terganggunya proses pengisian daya karena logam di sekitar wilayah pengisian daya. Hal tersebut membuat perangkat dengan casing logam tidak dapat menggunakan teknologi tersebut karena frekuensi daya yang dihantarkan akan terganggu keberadaan logam tersebut.

Melalui teknologi WiPower, perangkat dengan casing logam kini dapat menggunakan teknologi wireless charging. Teknologi WiPower merupakan pengembangan dari teknologi Near Field Magnetic Resonance yang dapat memperluas perangkat elektronik dan perangkat bergerak yang kompatibel untuk diisi dayanya tanpa perlu kontak fisik atau keadaan sejejar secara langsung. Teknologi WiPower juga memungkinkan pengisisan daya berkelanjutan bagi beberapa perangkat dengan kebutuhan daya yang berbeda-beda secara bersamaan saat menggunakan Bluetooth Smart untuk meminimalisasi kebutuhan perangkat keras.


(ABE)