Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

   •    Senin, 03 Aug 2015 10:55 WIB
kesehatan
Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Cuaca Panas
Alpukat lezat dan sehat disantap saat cuaca panas (Foto:Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat cuaca panas, kerap kali tubuh terasa lemas dan malas. Selain memperbanyak asupan air untuk mencegah dehidrasi, Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang dimakan berperan dalam menjaga kebugaran. Sesuai dengan ilmu kedokteran, Anda perlu makan makanan bergizi untuk melawan panas matahari.

Berikut makanan-makanan yang cocok dikonsumsi saat musim kemarau.

- Apel
Terlepas dari rasanya yang manis, apel memiliki banyak serat yang dapat membersihkan racun berbahaya yang terakumulasi dalam tubuh Anda. Apel membersihkan tubuh Anda dari sisa-sisa makanan yang tidak tercerna.

- Almond
Almond mengandung kuantitas tinggi kalsium, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh manusia. Almond membantu mempertahankan panas tubuh dan mencegah kadar gula darah berlebih.

- Lemon
Minum air lemon adalah praktik yang sangat sehat, khususnya selama musim panas. Anda dapat menganggap ini sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengalahkan cuaca panas.

- Kubis
Kubis dikenal sebagai antibakteri dan antivirus. Kedua sifat ini membuat kubis menjadi sangat bergizi dan baik untuk disantap saat matahari terik.

- Brokoli
Brokoli bekerja secara efektif memecahkan racun ke dalam isi makanan yang mudah dicerna. Tentu saja brokoli mampu membantu tubuh Anda menanggulangi panas secara efektif tanpa jatuh sakit.

- Bawang putih
Di antara banyak manfaatnya, bawang putih juga menunjukkan efek menenangkan ketika Anda tengah berada dalam cuaca panas. Bawang putih membunuh parasit dan bakteri berbahaya yang ada di dalam tubuh.

- Alpukat
Karena alpukat tinggi serat dan antioksidan, buah ini dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengalahkan panas. Anda dapat menambahkan makanan ini ke dalam kebiasaan makan sehari-hari.

- Olive oil
Diekstrak dari buah zaitun segar, minyak ini sangat baik untuk tubuh, terutama di musim panas. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam salad dan makanan lainnya untuk membuatnya lebih sehat.

- Kunyit
Kunyit dikenal sebagai makanan bergizi untuk mengalahkan gelombang panas. Coba memakan kunyit agar tubuh tetap fit di tengah terpaan panas matahari.

- Blueberry
Sarat dengan serat alami, blueberry sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama selama musim panas. Selain itu, bluberry juga baik sebagai anti-penuaan dan kesehatan mata serta meningkatkan kekebalan tubuh. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)