Cara Alami Agar Tubuh Tetap Wangi

   •    Senin, 03 Aug 2015 11:16 WIB
gaya
Cara Alami Agar Tubuh Tetap Wangi
Agar tubuh tetap wangi, jagalah kebersihan tubuh (Foto:ThinkStock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang ingin memiliki aroma tubuh wangi. Misalnya dengan memakai deodoran dan menyemprotkan wewangian ke tubuh.

Kemunculan bau badan tidak hanya membuat Anda canggung di depan orang lain, juga membuat Anda menjadi bahan gosip di lingkungan tempat Anda berada.

Yang kadang tak disadari orang, bau badan timbul akibat kebiasaan makan yang salah dan kurang merawat tubuh.

Jika membeli sebotol parfum terasa menguras kocek Anda, cobalah tempuh cara alami mendapatkan tubuh wangi berikut ini.

1. Cuci rambut
Rambut yang berminyak dan kulit kepala yang teriritasi bisa menimbulkan rambut bersisik dan menyebabkan bau tidak sedap. Cara yang paling efektif untuk mengatasinya yaitu dengan mencuci rambut setiap hari menggunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione untuk membasmi kuman di kulit kepala Anda karena sifat antibakterinya.

2. Hindari bawang putih
Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang-bawangan, termasuk bawang putih, dan rempah-rempah dengan bau menyengat lainnya, karena ini menimbulkan bau mulut serta bau badan.

3. Cuka sari apel untuk kaki
Dalam memerangi bau kaki, salah satu cara alami yaitu dengan merendam kaki di dalam air hangat. Tambahkan beberapa tetes cuka sari apel di larutan airnya. Dan, kaki bebas bau tak sedap akan Anda peroleh.

4. Membersihkan mulut
Selain menyikat gigi dua kali sehari, rutinlah mencuci mulut dengan obat kumur untuk menurunkan aliran saliva yang menyebabkan mulut kering dan mengakibatkan bau mulut.

5. Kunyah permen karet
Untuk memerangi mulut yang kering, Anda bisa mengunyah beberapa permen karet yang mengandung xylitol, sehingga akan menimbulkan aroma napas segar dan membuat Anda percaya diri.

6. Gunakan deodoran
Kadang-kadang kelebihan keringat juga menjadi penyebab bau badan. Saat membeli deodoran pastikan mengandung antiperspirant yang dapat memblokir kelenjar keringat dan mencegah Anda mengeluarkan keringat berlebih.

7. Semprot sepatu
Agar sepatu tidak bau, semprotkan aroma yang memiliki sifat antibakteri setelah memakai sepatu tersebut. Sepatu yang bau akan membuat kaki Anda ikut bau.

8. Jus Lemon
Tambahkan jus lemon ke dalam air mandi Anda. Mandi dengan campuran lemon akan membuat Anda wangi sepanjang hari dan tubuh tetap segar.

9. Menggunakan parfum
Cara terakhir tentu saja menyemprotkan parfum sebelum beraktivitas atau pada saat Anda merasa tubuh mulai bau. Parfum yang baik akan menyerap bau. Kondisi Ini akan membantu menjaga pakaian tetap harum. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)