Buya Syafii Sebut Polisi Manja

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 04 Aug 2015 16:58 WIB
polri
Buya Syafii Sebut Polisi Manja
Buya Syafii Maarif. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mengkritisi institusi Polri yang berada di bawah presiden. Ia menilai polisi di Indonesia lebih manja ketimbang polisi di negara-negara lain.

"Di muka bumi ini tidak ada polisi di bawah presiden. Saya bukan antipolisi tapi (polisi) di sini manja sekalilah," kata Buya Syafii saat bedah buku 'Muazin Bangsa dan Makkah Darat' di Monumen Mandala, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/8/2015).

Dia meminta pemerintah merespons baik kritikannya ini dengan menempatkan institusi kepolisian di bawah kementerian. "Polisi jangan di bawah presiden. Saya sudah bilang di bawah kementerian atau apa lah," tegas dia.

Sosok Buya Syafii memang cukup kritis terhadap Polri. Baru-baru ini ia mengkritisi keputusan Badan Reserse Kriminal menetapkan dua komisioner Komisi Yudisial Taufiqurachman Syahuri dan Suparman Marzuki sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik.

Buya menilai, langkah Bareskrim tersebut melukai hati publik dan penegakan hukum. Bahkan, dia meminta Presiden Joko Widodo untuk memerintahkan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mencopot Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso.


(TRK)