KPU Siap Hadapi Gugatan Koalisi Majapahit

Amaluddin    •    Minggu, 09 Aug 2015 19:42 WIB
pilkada serentak
KPU Siap Hadapi Gugatan Koalisi Majapahit
Komisioner KPU Pusat, Arief Budiman--Metrotvnews.com/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menghadapi gugatan yang akan dilayangkan koalisi Majapahit (KM) terkait Surat Edaran KPU RI nomor 449/KPU/VIII/2015 tentang perpanjangan pendaftaran pasangan calon.

Komisioner KPU Pusat, Arief Budiman menyadari bahwa SE terkait perpanjangan pendaftaran calon ini memang rentan akan gugatan. Oleh karena itu, ia mempersilahkan KM mengajukan proses hukum jika memang tidak menerima aturan tersebut.

"Kalau memang Surat Edaran (SE) ini dianggap problem hukum, penyelesaiannya kan tentu melalui jalur hukum. Nah, kita tunggu saja," ujar Arief kepada wartawan saat mengunjungi KPU Kota Surabaya, di Jalan Aditywarman Surabaya, Jawa Timur, Minggu (9/8/2015).

Namun, mantan komisioner KPU Jatim itu mengaku belum menerima pemberitahuan apapun mengenai wacana gugatan dari KM tersebut."Tapi, sampai saat ini kami belum menerima terkait itu," ujarnya.

Sebelumnya, Koalisi Majapahit berencana menggugat KPU RI atas keputusannya menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait perpanjangan tahapan pendaftaran pasangan calon dalam Pilkada Serentak untuk daerah yang bercalon tunggal.

Koalisi Majapahit menganggap penetapan keputusan itu dengan menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) tak memiliki landasan hukum.
 


(AZF)