Besok, Pemkot Bandung Potong Daging Sapi untuk Dijual

Roni Kurniawan    •    Selasa, 11 Aug 2015 18:25 WIB
daging sapi
Besok, Pemkot Bandung Potong Daging Sapi untuk Dijual
Ridwan Kamil sidak daging sapi di Pasar Kosambi, Bandung, Metrotvnews.com/ Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Para pedagang daging sapi di Kota Bandung, Jawa Barat, dipastikan kembali beroperasi mulai Rabu 12 Agustus besok. Kepastian itu merupakan hasil pertemuan antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung dengan Asosiasi Pedagang Daging dan Sapi (Apdasi) Kota Bandung.

"Besok mulai pukul 12 siang itu akan ada aktivitas pemotongan di rumah pemotongan hewan (RPH) milik Pemkot Bandung. Jadi sekitar pukul satu atau setengah dua siang pedagang daging sapi di pasar tradisional di Kota Bandung sudah mulai berjualan," ujar Kepala Distan KP Kota Bandung, Elly Wasliah, usai pertemuan pada Selasa (11/8/2015).

Elly mengatakan hasil pemotongan sapi akan langsung disebar ke beberapa pasar tradisional. Pihaknya juga akan mengawasi langsung distribusi daging sapi ke 184 pedagang.

"Kita berharap, aktivitas ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi, apalagi Bandung sebagai Kota Kuliner yang pastinya sudah begitu terganggu karena adanya aksi mogok," imbuhnya.

Distan KP berencana memotong 100 ekor sapi. Saat ini, kata Elly, rumah pemotongan hewan milik Pemkot Bandung menyediakan 108 ekor sapi impor dan 40 ekor sapi lokal.

Namun, kata Elly, ia belum bisa memastikan harga daging sapi. Besok, katanya, Apdasi akan menggelar pertemuan mengenai harga.

"Besok pagi Pemkot Bandung juga akan memfasilitasi pertemuan antara Apdasi Kota Bandung dan feedloter yang selama ini memasok sapi ke Bandung. Pertemuannya lebih kepada agar pasokan sapi ke Kota Bandung jelas dan juga jika ada kenaikan harga disertai dengan alasannya dan tidak mendadak," pungkasnya.


(RRN)