BJB Catat Penurunan Penyaluran Kredit Mikro

Angga Bratadharma    •    Selasa, 11 Aug 2015 19:10 WIB
bpdbjb
BJB Catat Penurunan Penyaluran Kredit Mikro
Senior Vice President BJB Hakim Putratama (Foto: MTVN/Angga Bratadharma)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk (BJB) mencatat adanya penurunan terhadap kinerja penyaluran kredit mikro. Penurunan penyaluran kredit ini terjadi sejalan dengan adanya perlambatan ekonomi Indonesia.

Senior Vice President BJB Hakim Putratama tak menampik penyaluran kredit mikro BJB telah mengalami penurunan. Namun, diakuinya bahwa BJB tengah melakukan pembenahan agar kualitas penyaluran kredit bisa terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Sayangnya, Hakim enggan menjelaskan lebih rinci mengenai seberapa besar penurunan penyaluran kredit mikro tersebut. Dirinya hanya menekankan bahwa BJB terus melakukan pembenahan dalam rangka terus bertumbuh dan berkembang di masa-masa mendatang.

"Justru kita dalam tahap revitalisasi kredit mikro. Kita fokus pembenahan di dalam dulu. NPL cukup tinggi. Tapi kita menekan di angka yang sehat," ungkap Hakim, saat melakukan media visit dengan Media Group, di Gedung MetroTV, di Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Ia berpendapat, penurunan penyaluran kredit mikro tidak hanya terjadi di BJB saja. Namun, penurunan penyaluran kredit juga terjadi di bank lain mengingat kondisi perekonomian Indonesia tengah tidak menentu, yang ditandai terus tertekannya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Kita fokus collecting sekarang ini. Secara berbarengan kita melakukan perbaikan di bisnis lain. Tapi, kita tetap fokus di mikro. Untuk Loan to Deposit Ratio (LDR) sendiri sampai Juni di bawah 70 persen," pungkasnya.


(ABD)