Penahanan Kaligis Diperpanjang

Surya Perkasa    •    Selasa, 11 Aug 2015 19:14 WIB
oc kaligis tersangka
Penahanan Kaligis Diperpanjang
OC Kaligis ditahan KPK (Foto: Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara O. C. Kaligis ke Jaksa Penuntut Umum. Masa penahanan tersangka kasus dugaan suap hakim dan panitera PTUN Medan ini diperpanjang 20 hari ke depan.
 
"Perpanjangan penahanan oleh JPU per hari ini. Perpanjangan untuk 20 hari," kata kuasa hukum Kaligis, Johnson Panjaitan, di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/8/2015).
 
Kaligis bersikeras menolak menandatangani seluruh berkas yang ada. Selain menolak meneken berkas pelimpahan perkara, Kaligis juga emoh membubuhkan tanda tangan perpanjangan penahanan.
 
"Kami juga tidak tanda tangan, nanti khawatirnya terlihat ada beda pandangan antara klien dan lawyer. Itu bisa diterima sebagai kenyataan oleh penyidik dan penuntut umum," ujarnya.
 
Kaligis diduga terlibat kasus penyuapan hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan. Penangkapan Kaligis merupakan hasil pengembangan penyidik dari pemeriksaan tersangka lainnya. Seperti, Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, Amir Fauzi Hakim dan Dermawan Ginting, serta panitera Syamsir Yusfan.
 
KPK juga menetapkan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo dan istrinya, Evy Susanti, sebagai tersangka. Keduanya juga sudah ditahan.


(FZN)