Reshuffle Kabinet

Reshuffle Kabinet sebagai Respons dari Pelaku Pasar

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Aug 2015 10:01 WIB
reshuffle kabinet
<i>Reshuffle</i> Kabinet sebagai Respons dari Pelaku Pasar
Menteri Kabinet Kerja -- FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Reshuffle kabinet kerja rencananya akan diumumkan siang ini. Pengamat pun menilai jika perombakan tersebut sebagai respons dari para pelaku pasar dan pedagang publik.

"Kalau memang hari ini presiden dan wapres melakukan reshuffle Kabinet Kerja baik itu mutasi, rotasi, atau kombinasi keduanya, saya menilai itu sebagai kombinasi logis," jelas Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto kepada Metrotvnews.com, Rabu (12/8/2015).

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika perombakan kabinet ini merupakan respons dari pedagang publik atau pasar yang merasakan secara langsung kinerja ekonomi di semester I-2015.

Menurut Ryan, nantinya siapa menjadi apa, itu adalah domain dari Presiden Jokowi sebagai pemegang hak prerogratif. Tentunya, lanjut dia, presiden dan wapres mempunyai pertimbangan tertentu terhadap reshuffle ini.

"Tentu niat baiknya reshuffle dilakukan untuk perbaikan sistem ekonomi, memperkuat formatur Kabinet Kerja khususnya di tim ekonomi yang lebih kuat untuk mengembalikan kepercayaan pasar," tambah Ryan.

Selain itu, kepercayaan pasar selama ini tercermin dari hasil ekonomi selama semester I-2015. "Kalau rapornya jelek, siapa yang disalahkan? Guru atau muridnya? Gurunya kan," tutur dia.


(AHL)