Trend Micro: Rusia Penyedia Layanan BPHS Terbesar

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 12 Aug 2015 10:56 WIB
security
Trend Micro: Rusia Penyedia Layanan BPHS Terbesar
Pola kejahatan Bulletproof Hosting Servers. foto: Trend Micro

Metrotvnews.com: Forward-Looking Threat Research Team (FTR), divisi khusus riset keamanan dari Trend Micro, merilis hasil risetnya yang berjudul “Criminal Hideouts for Lease: Bulletproof Hosting Services (BPHS)”. Seperti yang kita tahu, Bulletproof Hosting Services dikenal sebagai layanan server hosting berbasis hardware, software, maupun aplikasi, yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan siber.

Dalam laporan ini, dikatakan bahwa Russian Business Network (RBN) merupakan salah satu penyedia layanan BPHS terbesar. Tidak murni menyediakan server sendiri, mereka memiliki akses utama ke penyedia primer seperti narod.ru, GeoCities.com (sekarang Yahoo! Small Business), ucoz.ru, dan tripod.com, yang biasanya menjadi “sarang” iklan.

Perlu diketahui bahwa penyedia layanan BPHS tidak harus memiliki server mandiri yang terintegrasi. Mereka bisa saja menumpang pada layanan hosting utama, yang berada di negara yang kuat hukum sibernya. Dari sini, layanan Bulletproof Hosting Services bisa menghindari aparat hukum yang ingin menindak mereka begitu ketahuan.

Layanan BPHS menyediakan wadah untuk berbagai macam konten yang biasa dipakai penjahat siber dalam mencari uang. Misalnya saja, situs belanja palsu yang menawarkan barang illegal, situs mengunduh torrent, situs yang mencari akun pengguna dengan password yang lemah, sampai forum yang menyediakan tautan unduh game atau film bajakan.


(ABE)