Ini Format Turnamen Piala Presiden 2015

Patrick Pinaria    •    Kamis, 13 Aug 2015 00:23 WIB
liga indonesia
Ini Format Turnamen Piala Presiden 2015
Pemain Arema Cronus Ferry Aman Saragih (kiri) berduel memperebutkan bola dari kaki pemain Persib Bandung Haryono (kanan) (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Makassar: Piala Presiden 2015 akan digelar pada 30 Agustus mendatang. Beberapa partai menarik akan disuguhkan pada turnamen tersebut. Tak kalah menarik, turnamen ini akan disajikan dengan format yang berbeda dari turnamen sebelumnya. Apa itu?

Mahaka Sports And Entertainment selaku operator, lewat CEO-nya, Hasani Abdul Gani mengatakan setiap tim yang bertemu di babak penyisihan grup harus ada yang keluar sebagai pemenang. Namun, jika skor imbang hingga waktu 2X45 menit, maka laga akan dilanjutkan dengan adu penalti. Metode ini mirip dengan turnamen International Champions Cup 2015 beberapa waktu lalu.

"Kalau imbang langsung adu penalti. Menang langsung mendapat 3 poin, menang melalui adu penalti 2 poin, kalah di adu penalti 1 poin, dan kalah langsung nol," terang Hasani.

Selain format berbeda, turnamen ini akan diberikan beberapa aturan tambahan, yakni dua kesebelasan yang bertanding bisa memanfaatkan waktu istirahat lima menit pada saat pertandingan, atau dikenal dengan water break. Tim yang bermain mendapatkan waktu rehat minum sebelum laga kembali dilanjutkan.

Sebanyak 16 klub dipastikan ikut serta yang sudah dibagi menjadi empat grup. Di antaranya, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, Martapura FC, Arema Cronus, Persela Lamongan, Sriwijaya FC, PSGC Ciamis, Bali United Pusam, Persija Jakarta, Persita Tangerang, dan Mitra Kukar, PSM Makassar, Pusamania Borneo FC, Persegres Gresik, dan Persipasi Bandung Raya.

Laga Bali United kontra Persija akan menjadi laga pembuka pada Piala Presiden pada 30 Agustus mendatang. (Ant)


(ACF)