Gerebek Peternakan, Bareskrim Temukan Ribuan Sapi Ditimbun

Meilikhah    •    Kamis, 13 Aug 2015 05:53 WIB
daging sapi
Gerebek Peternakan, Bareskrim Temukan Ribuan Sapi Ditimbun

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menggerebek sebuah peternakan dan rumah potong hewan, PT Brahman Perkasa Sentosa (BPS), di wilayah Sepatan, Tangerang, Banten. Perusahaan tersebut yang diduga melakukan penimbunan sapi sejak beberapa waktu lalu.

Dari penggerebekan tersebut, polisi menemukan ribuan ekor sapi yang 500 diantaranya sudah siap potong yang ditimbun. 

"Di TKP ditemukan sekitar 3.164 ekor sapi, terdapat 500 ekor sapi yang sudah memenuhi persyaratan untuk dijual atau dipotong, namun tidak dilakukan," kata Kasubdit Industri dan Perdagangan, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Kombes Helmy Santika, saat dikonfirmasi Rabu malam (12/8/2015).

Dari lokasi penyidik juga mengamankan tiga orang pemilik peternakan dan rumah potong PT BPS, yakni BH, PH, dan SH. SH diketahui juga sebagai pemilik PT Tanjung Unggul Mandiri.

Helmy menjelaskan, dari pemeriksaan ketiganya dan saksi-saksi terkait, diketahui PT BPS tak lagi melakukan kegiatan pemotongan hewan dan menjual ke rumah potong hewan sejak sehari sebelum lebaran Idul Fitri.

"Tindakan kepolisian memasang police line di lokasi, mengamankan data dan dokumen terkait keluar masuknya sapi dan memeriksa saksi dan memeriksa pemilik," jelas Helmy.


(SUR)