Selanjutnya, Tedjo Ingin ke Kampus dan Berkumpul dengan Ormas

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 13 Aug 2015 13:12 WIB
reshuffle kabinet
Selanjutnya, Tedjo Ingin ke Kampus dan Berkumpul dengan Ormas
Tedjo Edhy Purdijatno saat dilepas Luhut Binsar Pandjaitan meninggalkan kantor Kemenkopolhukam, Kamis (13/8/2015). Foto: M Rodhi Aulia/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Tedjo Edhy Purdijatno sudah resmi menyerahkan jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan kepada Luhut Binsar Pandjaitan. Lalu kemana Tedjo selanjutnya?

"Ada yang nanya, saya ini mau kemana?" kata Tedjo dalam pidato sertijabnya di Ruang Parikesit, kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015) pagi.

Kalimat itu tiba-tiba diungkapkan Tedjo di sela-sela pidatonya. Dia memastikan tidak akan berhenti berkontribusi untuk bangsa dan negara, kendati tak lagi menjabat menteri. Namun, sebelum aktif lagi, ia mengaku akan terlebih dahulu menikmati masa pensiunnya dengan keluarga.

"Saya kumpul keluarga dengan istri, anak dan cucu. Kemudian yang kedua, saya akan tetap menyosialisasikan wawasan kebangsaan baik di kampus-kampus atau ormas yang ada," kata Tedjo.

Menurut Tedjo, langkah dan peran itu sangat penting baginya lantaran ia ingin wawasaan kebangsaan tetap terjaga di seluruh rakyat tanpa terkecuali. "Saya ingin wawasan kebangsaan dan bela negara ini harus sampai ke seluruh Indonesia," ungkap dia.

Meski dengan mata berkaca-kaca, ia mengaku, bersyukur mendapatkan kesempatan menjabat sebagai Menkopolhukam, selama sepuluh bulan kurang 15 hari. Baginya, jabatan itu sudah seharusnya dipegang Luhut Pandjaitan.

"Saya tahu sebetulnya bapak Luhut sudah lama harusnya di sini. Tapi karena sudah menjabat Kepala Staf Kepresidenan, maka saya sementara ditaruh di Kemenkopolhukam," ujar dia.

Setelah sertijab berlangsung, Tedjo dan Luhut beserta undangan lainnya, masuk ke dalam suatu ruangan. Tidak beberapa lama kemudian, Luhut mengantarkan Tedjo keluar dari kantor. Mereka berdua sempat bersalaman dan akhirnya Tedjo yang ditemani istrinya meninggalkan kantor Kemenkopolhukam.



(KRI)