Pemkab Cirebon Akan Perbanyak Taman Bacaan

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 13 Aug 2015 15:31 WIB
penghargaan
Pemkab Cirebon Akan Perbanyak Taman Bacaan
Foto: Pemberian penghargaan kepada sejumlah kepala daerah dalam Hari Anak Nasional di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8/2015)/Ant_Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Cirebon: Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, akan meningkatkan fasilitas untuk anak meski telah meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tingkat Pratama. Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan (PKHP) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni mengatakan, masih banyak hal yang harus dibenahi.

"Angka kematian ibu dan bayi serta gizi buruk, kemarin menjadi perhatian dari tim penilai. Sehingga ini juga perlu ada penanganan bersama dari semua kalangan," kata Eni, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/8/2015).

Ada 31 hak anak yang harus dipenuhi untuk masuk sebagai kota/kabupaten layak anak. Sementara, Kabupaten Cirebon baru memenuhi 17 hak anak, sehingga baru mencapai tingkat Pratama.

Rencananya, Pemkab Cirebon akan meningkatkan fasilitas untuk anak di antaranya memperbanyak taman bacaan. Sebab membaca adalah jendela dunia. Taman bacaan juga menjadi catatan tim penilai KLA.

"Kalau di kabupaten, perpustakaan atau taman bacaannya sudah bagus. Tapi di desa ternyata banyak yang belum terfasilitasi. Kedepannya, kami akan coba fasilitasi untuk taman bacaan anak, agar anak-anak bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat dari taman bacaan tersebut."

Kabupaten Cirebon menerima penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Pratama. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi, dalam peringatan Hari Anak Nasional, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8/2015).


(TTD)