Simposium Pengadilan Konstitusi Asia

35 Negara Ikuti Kongres ke-3 AACC di Bali 2016

Coki Lubis    •    Minggu, 16 Aug 2015 15:03 WIB
mksimposium mk
35 Negara Ikuti Kongres ke-3 AACC di Bali 2016

Sejak tahun lalu hingga 2016 mendatang, Mahkamah Konstitusi (MK) RI menjabat sebagai Presiden Association of Asian Constitutional Court (AACC), asosiasi para hakim konstitusi di Asia. Pada 14-17 Agustus 2015, MKRI menjadi tuan rumah simposium AACC. Sehubungan dengan kegiatan penting ini, Metrotvnews.com menghadirkan serangkaian tulisan tentang sepak terjang MK dan simposium AACC di Jakarta. 

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain simposium yang membahas pemecahan masalah pada perkara pengawalan konstitusi, pertemuan Asosiasi Hakim Konstitusi se-Asia (AACC) di Jakarta juga akan membahas persiapan penyelenggaraan kongres ke-3 AACC.

Pertemuan persiapan penyelenggaraan kongres ke-3 ini melibatkan 14 negara yang tergabung dalam Dewan Anggota AACC, yaitu, Indonesia, Azerbaijan, Filipina, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Republik Korea, Russia, Thailand, Turki, Uzbeksitan, Afghanistan, Pakistan dan Tajikistan.

Kongres Ke-3 AACC sendiri akan digelar pada 25 – 28 April 2016 mendatang dan MKRI menjadi tuan rumah. Rencananya kegiatan akan dilangsungkan di Di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Denpasar, Bali.

Kongres bertajuk “Promotion and Protection of the Citizen’s Constitutional Rights” ini akan diikuti Mahkamah Konstitusi dan institusi sejenis dari 35 negara serta 10 lembaga asosiasi MK dan lembaga Internasional.

Selain itu juga membahas usulan pembentukan sekretariat tetap AACC juga akan dilangsungkan di pertemuan ini. Seiring dengan pembahasan tersebut, maka dibahas pula kewenangan, fungsi, struktur organisasi, dan pendanaan sekretariat tetap. 

Mengenai lokasi sekretariat tetap AACC pun juga akan dibahas dalam agenda ini, termasuk amandemen Statuta AACC terkait pembentukan sekretariat tetap.
 


(LHE)