Piala Super Spanyol

Bilbao Rebut Piala Super Spanyol dari Barcelona

Kautsar Halim    •    Selasa, 18 Aug 2015 05:42 WIB
liga spanyol
Bilbao Rebut Piala Super Spanyol dari Barcelona
Para pemain Athletic Bilbao merayakan kemenangan (AP Photo/Manu Fernandez)

Metrotvnews.com, Barcelona: Athletic Bilbao sukses menahan imbang Barcelona 1-1 pada leg kedua Piala Super Spanyol, Selasa 18 Agustus. Dengan hasil ini artinya Bilbao berhak menjadi juara karena mereka unggul agregat 5-1.

Jalannya leg kedua yang berlangsung di Stadion Camp Nou ini berlangsung dengan tensi yang tinggi. Hal itu terbukti dengan lahirnya dua kartu merah dari masing-masing kubu. Masing-kartu merah yang diterima Gerard Pique dan Kike Sola tersebut sama-sama dikeluarkan wasit pada babak kedua.

Barcelona sukses mencetak gol lebih awal melalui sontekan Lionel Messi pada menit ke-43. Saat itu, ia hanya menendang bola dengan pelan setelah menerima umpan sundulan Luis Suarez.

Gol ini sempat menimbulkan konflik antar pemain karena kiper Bilbao, Gorka Iraizoz tidak mau memberikan bola kepada para pemain Barca yang ingin melakukan selebrasi. Wasit sempat memberikan kartu kuning kepada penyerang Barca, Pedro, karena melakukan protes keras.

Menginjak babak kedua, tempo permainan cepat yang diperagakan kedua tim masih belum berubah. Bahkan, Bilbao yang masih unggul agregat mulai makin gencar untuk menyerang.

Agresivitas tim tamu mulai berubah menjadi keuntungan ketika bek Barca, Gerard Pique, diganjar kartu merah pada menit ke-56. Selepas itu, Bilbao makin efektif menyerang dan gol balasan tercipta pada menit ke-74.

Striker Bilbao, Aritz Aduriz Zubeldia, adalah pemain yang berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain tersebut. Golnya tercipta setelah memanfaatkan assist sundulan De Marcos. Aduriz terlihat sangat bebas dari penjagaan pemain Barca ketika menciptakan gol tersebut.

Tersengat dengan gol balasan Bilbao, Barca pun makin gencar untuk menyerang. Gempuran Barcelona tersebut bahkan membuat Kike Sola harus diganjar kartu merah. Sola baru dimainkan pada menit ke-81 untuk menggantikan Aduriz.

Barca masih terus menggedor pertahanan Bilbao pada 10 menit terakhir pertandingan. Namun, usaha mereka menjadi sia-sia ketika wasit meniup peluit berakhirnya laga.

Susunan pemain:

Barcelona: Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Mathieu; Busquets, Rakitic, Iniesta; Pedro, Suarez, Messi

Athletic Bilbao: Iraizoz; Boveda, Etxeita, Laporte, Balenziaga; De Marcos, Gurpegi, Benat, Eraso, Susaeta; Aduriz


(KAU)