Remaja 18 Tahun Asal Italia Beberkan 0Day di Mac

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 18 Aug 2015 11:45 WIB
security
Remaja 18 Tahun Asal Italia Beberkan 0Day di Mac
Biasanya, pengembang memberitahu perusahaan akan adanya kelemahan pada sistem mereka. (ISTOCK GETTY IMAGES PLUS)

Metrotvnews.com: Biasanya, saat seorang pengembang atau peneliti keamanan menemukan kelemahan dalam suatu software atau sistem operasi, dia akan memberitahu perusahaan yang bersangkutan mengenai kelemahan tersebut sebelum mengumumkan ke masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar kelemahan yang dia temukan tidak dimanfaatkan orang-orang yang berniat jahat.

Meskipun begitu, Luca Todesco, seorang pengembang berusia 18 tahun, memutuskan untuk merilis detail dari kelemahan yang ada pada Mac hanya beberapa saat sesudah memberitahukannya kepada Apple. Dengan demikian, Apple belum sempat merilis patch. Beberapa media bahkan menyebut Luca tak memberitahu Apple, yang kemudian dibantahnya melalui akun Twitter.

Kelemahan pada OS X, tpwn, ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan akses pada root-level ke Mac Anda, bahkan jika Anda menggunakan versi OS X terbaru, versi 10.10.5. Apple harus segera memperbaiki kelemahan ini secepat mungkin untuk memastikan kelemahan ini tidak dieksploitasi para hacker.

Todesco menjelaskan, alasan dia membocorkan kelemahan ini karena perusahaan pihak ketiga telah menyediakan cara untuk melindungi Mac Anda. Selain itu, dia merasa bahwa kelemahan yang dia temukan tidak terlalu berbahaya. Dan meskipun solusi dari pihak ketiga telah ada, banyak orang yang merasa ragu untuk menggunakan software buatan perusahaan ketiga untuk melindungi komputer mereka.

Mengingat Apple akan meluncurkan OS X El Capitan tidak lama lagi, tampaknya kelemahan ini akan segera mereka perbaiki. Satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko terkena serangan adalah dengan tidak mengunjungi situs atau mengunduh file yang mencurigakan. (Engadget) 


(ABE)