Baru Pengurusan IMB yang Tuntas Satu Hari di DKI

Intan fauzi    •    Selasa, 18 Aug 2015 16:26 WIB
ptsp
Baru Pengurusan IMB yang Tuntas Satu Hari di DKI
Warga mengurus berbagai surat perizinan di Kantor Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru memiliki satu Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) yang bisa memberikan pelayanan one day service (ods). Padahal, Jakarta memiiliki 318 PTSP yang tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota.
 
Kepala BPTSP DKI Edy Junaedi mengatakan, perizinan yang sudah dapat diselesaikan dalam waktu satu hari baru Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk rumah tinggal. "Perizinan yang kini sudah bisa diselesaikan dalam waktu satu hari adalah IMB untuk rumah tinggal," kata Kepala BPTSP DKI Edy Junaedi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (18/8/2015).
 
ODS didasarkan pada tiga prioritas PTSP. Pertama, Zero Delay, PTSP berupaya agar tak ada berkas perizinan yang penyelesaiannya melewati batas waktu yang ditetapkan. Kedua, Zero Complaint, jangan sampai ada keluhan masyarakat terkait proses dan kualitas layanan. Ketiga, 100 persen service excellence, pada 318 gerai layanan PTSP.
 
Di BPTSP tingkat provinsi ada delapan perizinan yang menerapkan program ODS. Yaitu Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi, Izin Penyelenggaraan Kendaraan Bermotor Umum‎, Izin Operasional Angkutan Umum, Izin Usaha Jasa Konstuksi (IUJK), Legalisasi Izin Pelaku Tekhnis Bangunan (IPTB), Izin Rekomendasi Penelitian, Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) dan Rencana Penggunaan Tenaga Asing (RPTKA).


(FZN)