Polemik RR vs JK

Jokowi: Tugas Menko Itu Mencari Solusi

   •    Rabu, 19 Aug 2015 12:27 WIB
proyek 35.000 mw
Jokowi: Tugas Menko Itu Mencari Solusi
Presiden Joko Widodo,--Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu tugas menteri Kabinet Kerja adalah mencari solusi dan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi. Agar semua target pemerintah tercapai.

Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo menanggapi perseteruan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli versus Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait target listrik 35.000 megawatt. Solusi musti dicari agar investor bisa berinvestasi di Indonesia.

"Kalau ada masalah di lapangan, itu yang dicarikan solusi. Mencarikan solusi, sehingga investor bisa melaksanakan investasinya. Itu tugasnya menteri-menteri," kata Jokowi usai meresmikan pertemuan dan pameran energi terbarukan di Jakarta Convention Centre, Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (19/8/2015).

Jokowi mengatakan berbagai masalah termasuk pencapaian target listrik 35.000 megawatt (MW) tersebut juga harus dicarikan solusinya bila ada masalah yang dihadapi.

"Banyak yang menyampaikan bahwa 35.000 megawatt itu sebuah target yang sangat ambisius. Tapi memang itu kebutuhannya seperti itu, maka dari itu angka 35.000 megawatt," kata Jokowi.

Dia juga menegaskan bahwa tugas Menko, termasuk yang diemban Rizal Ramli, yaitu mencarikan solusi masalah yang dihadapi pemerintahan saat ini. "Tugasnya Menko untuk cari solusi, jalan keluar, setiap masalah yang dihadapi oleh investor," tegas dia.

Kalau hanya menargetkan angka yang mudah, lanjut Jokowi, seperti 5.000 megawatt mudah saja. Karena kebutuhan yang ada angka 35.000 megawatt tersebut merupakan target yang harus dicapai.

"Itu memang kebutuhan. Kalau tidak mencapai itu, ya itu setiap saya ke daerah, listrik mati, listrik byar pet, semua. Maka saya dorong terus, ini harus selesai. Sampai ke urusan pembebasan lahan di Batang, saya dan Wapres sampai turun tangan langsung," paparnya.

Dia menegaskan, setiap anggota Kabinet Kerja hendaknya bisa bekerja dan memenuhi target program pemerintah yang hendak dicapai. "Yang itu sudah saya sampaikan, tugasnya adalah mencarikan solusi dari setiap problem, dari target dan kebutuhan yang ada," tandasnya.


(MBM)