Investasi Luar Negeri Tiongkok Capai USD73 Miliar

Arif Wicaksono    •    Rabu, 19 Aug 2015 12:55 WIB
tiongkok
Investasi Luar Negeri Tiongkok Capai USD73 Miliar
bendara tiongkok. dok: foxnews

Metrotvnews.com, Beijing: Tiongkok berhasil menarik investasi luar negeri atau foreign direct investment (FDI) sebesar 417 miliar yuan atau senilai USD73,62 miliar di tujuh bulan pertama 2015. Jumlah tersebut naik 7,9 persen ketimbang setahun sebelumnya. 

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/8/2015), Kementerian Perdagangan Tiongkok menuturkan hal ini disebabkan dengan masuknya investasi sebanyak 50,6 miliar yuan di Juli 2015 atau naik 5,2 persen ketimbang dengan Juli pada tahun yang sama. 

FDI merupakan indikasi dari ketertarikan investor luar negeri ke Tiongkok namun ini berkontribusi kecil dari keseluruhan arus modal masuk terutama dengan besarnya ekspor Tiongkok. 

FDI yang masuk ke Tiongkok naik 1,7 persen di 2014 dengan mencapai USD119,6 miliar. Dengan investasi luar negeri yang termasuk merger, akuisisi, dan start up atau outbound direct investment (ODI) mencapai USD102,9 miliar atau tumbuh 14,1 persen. 

ODI tumbuh 20,8 persen dalam tujuh bulan pertama dengan setahun sebelumnya dengan mencapai USD63,5 miliar. 

Pemerintah telah mendukung perusahaan untuk investasi di luar negeri untuk memperlambat cadangan nilai tukar dan membantu perusahaan lokal untuk lebih kompetitif secara internasional. 

Analis berharap investasi sejumlah perusahaan akan seimbang dan lebih baik ketimbang dengan masuknya investasi. Hal ini menggambarkan ada pengurangan pertumbuhan ekonomi yang mengambil bagian dalam kenaikan investasi yang memungkinkan untuk perkembangan bisnis di mana pun. 


(SAW)