Ledakan Kuil di Bangkok

Polisi Thailand: Pelaku Ledakan Bangkok Bagian dari Jaringan

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Aug 2015 16:27 WIB
ledakan bangkok
Polisi Thailand: Pelaku Ledakan Bangkok Bagian dari Jaringan
Kepala Kepolisian Thailand Somyot Poompanmoung. (Foto: AFP / PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)

Metrotvnews.com, Bangkok: Pria berbaju kuning yang tertangkap kamera CCTV di lokasi ledakan bom di Kuil Erawan, Bangkok, diyakini otoritas Thailand sebagai pelaku. 

Hal ini didasarkan aksi pria tersebut, yang meletakkan tas ransel di Kuil Erawan dan bergegas pergi, beberapa saat sebelum kejadian. Ledakan menewaskan 22 orang dan melukai 123 lainnya. 

"Pelaku tidak mungkin beraksi sendiri. Kami yakin pasti ada orang lain yang membantunya, (mungkin) warga Thailand. Ini adalah sebuah jaringan," ucap Kepala Kepolisian Thailand Somyot Poompanmoung kepada awak media, seperti dilansir AFP, Rabu (19/8/2015). 

Sementara kepala junta militer Prayut Chan-o-Cha menduga pria itu berasal dari sebuah "grup anti-pemerintah yang bermarkas di wilayah timur laut Thailand." Wilayah tersebut adalah jantung pergerakan Kaus Merah yang selama ini menentang junta militer Thailand.

Bangkok dilanda ketegangan politik berbahaya selama bertahun-tahun. Junta militer menguasai Thailand setelah menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. 

Kaus Merah adalah jaringan akar rumput dari area pegunungan dan urban yang setia terhadap Yingluck dan kakaknya, Thaksin Shinawatra. Thaksin adalah mantan PM.

Ledakan kedua terjadi di pinggir sebuah sungai di Bangkok, satu hari setelah ledakan pertama. Ledakan kedua tidak menimbulkan korban tewas atau luka. 

Kolonel Kamthorn Ouicharoen dari unit penjinak bom kepolisian Thailand mengonfirmasi jenis bom kedua sama seperti yang digunakan pelaku di Erawan. 

"Benar-benar sama, baik peralatan yang digunakan dan juga ukuran bomnya," tutur Kamthorn.


(WIL)