Bertemu Mentan di Istana, Mendag: Kami Sudah Kompak

Desi Angriani    •    Kamis, 20 Aug 2015 15:10 WIB
kementerian pertaniankementerian perdagangan
Bertemu Mentan di Istana, Mendag: Kami Sudah Kompak
Menteri Perdagangan Thomas Lembong. ANTARA FOTO/HO/Ucok Sinaga

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong dipanggil Presiden Joko Widodo pagi tadi. Ada juga menteri lain. Amran-Lembong memamerkan kekompakan.

"Kami sudah kompak," jawab Thomas Lembong kepada pewarta di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/8/2015), usai bertemu Presiden. Mendag Thomas memamerkan keakrabannya dengan Mentan. Selama ini kedua kementerian ini ditengarai tidak akur dalam pengambilan sejumlah kebijakan.

Pria yang kerap disapa Tom ini mengaku, Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Pertanian telah melakukan koordinasi dengan cukup baik.

"Tentunya kalau ada oknum-oknum akan ditindak tegas. Kami juga tahu bahwa penindakan oknum tidak bisa berkepanjangan, sehingga diharapkan bisa segera selesai. Antara Mentan, Mendag lakukan koordinasi baik. Stok baik, harga terkendali," jelas Tom.

Sebelumnya, pengamat ekonomi Aviliani meminta Mendag Thomas Lembong akur dengan Mentan Amran Sulaiman. Sebab, keduanya mempunyai peran dalam menstabilkan harga pangan.

Aviliani mengkritik Menteri Perdagangan sebelumnya, Tom, Rahmat Gobel, yang dinilai kurang akur dengan Amran. "Saya lebih sering lihat tidak kompak. Hubungan dengan pertanian harus kompak. Kalau bukan bidangnya, bisa tidak jadi pemimpin di departemen itu?" kata Aviliani dalam Bincang Pagi Metro TV, beberapa waktu lalu.


(AHL)