Tak Pegang Visa, Ratusan Calon Haji Terancam Gagal Berangkat

Pythag Kurniati    •    Jumat, 21 Aug 2015 10:34 WIB
haji 2015
Tak Pegang Visa, Ratusan Calon Haji Terancam Gagal Berangkat
Jamaah calon haji di embarkasi Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (20/8/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Boyolali: Ratusan jamaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY terancam gagal berangkat sesuai jadwal karena belum memegang visa perjalanan haji. Dari 26.568 jamaah, lebih dari 500 calon haji belum mendapatkan visa.

Bahkan, hari ini (Jumat, 21/8/2015), sebanyak 51 jamaah calon haji dipastikan tidak bisa diberangkatkan dari Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah karena belum memiliki visa. Mereka terdiri dari kloter 1 (18 orang), kloter 2 (20 orang), dan kloter 3 (13 orang).

Ketua Panitia Persiapan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi-Debarkasi Jawa Tengah, Ahmadi mengatakan keterlambatan visa akibat kesalahan sistem. Bahkan, dia mengaku keterlambatan tidak saja terjadi di Jateng. Keterlambatan ini, menurutnya, terjadi di semua daerah di Indonesia. 
 
“Keterlambatan visa kabarnya dikarenakan sistem. Bukan hanya di sini saja, ternyata semua daerah juga mengalami hal itu. Di Makassar jumlah kekurangan visa di kloter pertama mencapai 70 orang,” ujar Ahmadi, di Boyolali.

Untuk menyiasati keterlambatan pemberangkatan, pihaknya akan melakukan penggabungan antarkloter. Calon haji yang gagal berangkat sesuai jadwal kloter, akan diikutkan ke kloter berikutnya. "Kekurangan kapasitas jamaah di kloter pertama akan kita siasati dengan mengikutkan kloter berikutnya yang visanya sudah jadi. Kloter dua kita gabungkan dengan kloter satu, kloter tiga kita gabungkan dengan kloter dua,” ungkap Ahmadi. 

Penggabungan jamaah tersebut, kata Ahmadi, dengan catatan satu keluarga harus tetap bersama. “Jika suaminya tertunda, isterinya yang sudah punya visa juga harus tertunda. Maka dari jumlah 51 tersebut kemudian menjadi 68 orang jamaah,” imbuhnya.
           
Ahmad mengaku pihaknya masih menunggu penyelesaian visa para calon haji tersebut. “Kita masih menunggu, harapannya nanti sore visa sudah dibawa kemari semua dan nanti mulai kloter empat bisa berangkat normal,” pungkas dia.


(SAN)