Lenovo IdeaPad Z50-75, Performa dan Dimensi Besar

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Aug 2015 16:04 WIB
review laptop
Lenovo IdeaPad Z50-75, Performa dan Dimensi Besar
Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD

Metrotvnews.com, Jakarta: Lenovo bukanlah nama asing di industri teknologi, terutama di bidang perangkat komputasi. Tidak hanya dikenal dengan berbagai jenis dan kategori perangkat dalam rentang harga bervariasi, Lenovo juga dikenal sebagai produsen perangkat kualitas rangka yang kokoh, performa baik dan desain inovatif.

Pada kategori gaming, notebook Lenovo tampil dengan desain sederhana namun berperforma unggul. Salah satu keunggulan yang dihadirkan pada notebook Lenovo IdeaPad Z50-75 adalah penggunaan prosesor AMD yang dikenal dengan kualitasnya. Selain performa, apa lagi yang ditawarkan notebook ini Anda? Berikut ulasannya.


Desa​in

Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD hadir dengan bentang layar 15,6 inci, serta bodi berbalut bahan plastik berwarna hitam dan bertekstur di bagian casis layar. Tekstur pada bagian casis layar menghadirkan kenyamanan tanpa kesan licin saat memegang notebook. Tampilan luar notebook ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD, yang juga dihiasi dengan logo Lenovo berwarna perak di area sudut kanan atas casis layar. Berbentang layar luas, dimensi yang tergolong besar serta bobot yang cukup berat sedikit mengurangi kenyamanan portabilititasnya.



Di sisi antarmuka, Anda dapat menemukan berbagi port konektivitas di sisi notebook ini. Di sisi kiri perangkat terdapat dua port USB 3.0 dan USB 2.0, port HDMI, port D-Sub, port LAN, jack audio 3,5mm, serta port charger. Sementara di sisi kanan, terdapat optical drive, serta port USB dan slot card reader.


 

Pengalaman Penggunaan

Notebook ini juga diengkapi keyboard lengkap dengan tombol angka, memberikan kemudahan saat mengetik dokumen berisi banyak angka. Namun, jarak antar tombol sedikit terlalu berdekatan, sehingga kami sering kali salah menekan tombol Numlock saat hendak menekan tombol Delete.



Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD ini juga hadir dengan letak touchpad yang berbeda dari notebook pada umumnya, yang cenderung lebih ke bagian kiri untuk menyesuaikan tombol huruf. Letak touchpad ini membutuhkan waktu pembiasaan sedikit lebih lama, terutama bagi Anda yang baru menggunakan notebook ini. Selain itu, mengetik dengan keyboard notebook ini tergolong nyaman, meski terjadi flex saat mengetik dengan cepat. 
 

Baterai & Performa

Menggunakan prosesor AMD Kaveri FX-7500, Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD hadir dengan performa baik. Performa baik ini terasa saat komputer jinjing ini digunakan untuk kegiatan komputasi sehari-hari seperti mengakses beberapa tab pada browser sekaligus, atau pun menikmati konten multimedia.

Performa yang baik juga ditampilkan pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark 3DMark kategori Cloud Gate. Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD hadir dengan perolehan nilai yang tinggi, senilai 4.300. Sementara pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark8 kategori Creative Conventional tidak berhasil kami lakukan pada notebook ini. Anda dapat melihat perolehan nilai dari pengujian aplikasi benchmark lainnya di bawah ini.





Hadir sebagai perangkat multifungsi, notebook ini juga didukung teknologi Dolby Home Theater pada speakernya. Dukungan teknologi ini, layar besar dan terbilang tajam mampu menghadirkan pengalaman menonton konten multimedia menyenangkan.
 

Kesimpulan

Ditawarkan seharga Rp9.200.000, Lenovo IdeaPad Z50-75 AMD menawarkan performa dan kenyamanan menikmati konten multimedia dan aktivitas komputasi harian yang baik. Hanya saja, meski hadir dalam kategori perangkat portabel dan menawarkan performa baik, dimensinya yang besar rasanya tak sesuai bagi Anda yang gemar berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
 
 
Lenovo Z50-75
Ukuran Layar 15,6-inci, 1920 x 1080 piksel
Prosesor APU AMD Kaveri FX-7500
GPU AMD Radeon R7-M260DX
RAM DDR3 hingga 16 GB
Penyimpanan Hingga 1 TB HDD
Bobot 2,5 Kg
Paket Penjualan Adapter, Manual, Setup Instruction, Warranty Card.
Harga Rp9.200.000
 

Lenovo Z50-75

 

8.0

  • Layar Jernih
  • Performa Bagus
  • Relatif berat

 


(ABE)