Presiden Ingin Karnaval Khatulistiwa Jadi Event Tahunan

Mufti Sholih    •    Sabtu, 22 Aug 2015 14:14 WIB
karnaval khatulistiwa
Presiden Ingin Karnaval Khatulistiwa Jadi <i>Event</i> Tahunan
Presiden Jokowi--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Pontianak: Presiden Joko Widodo mengharapkan Karnaval Khatulistiwa di Provinsi Kalimantan Barat dilanjutkan. Jokowi berharap karnaval itu dijadikan sebagai agenda tahunan dalam mempromosikan wisata di Kalbar.

"Selajutnya Karnaval Khatulistiwa yakni pawai kendaraan hias, budaya dan pawai menggunakan kapal motor di Sungai Kapuas akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Kalbar atau Gubernur," kata Presiden Joko Widodo, seperti dilansir Antara, seusai menyerahkan secara simbolis tiga kartu sakti di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015).

Ia menjelaskan, pemerintah pusat cukup mendorong dilakukannya Karnaval Khatulistiwa yang pertama ini. "Kemudian Pemprov Kalbarlah yang akan melanjutkannya sehingga menjadi agenda tahunan," ujarnya.


Peserta Karnaval Khatulistiwa (Twitter)

Karnaval Khatulistiwa dimulai dengan karnaval darat yang diikuti mobil hias dan pawai budaya yang akan dilepas di Rumah Radang, adapun rute karnaval darat, yakni Jalan Sultan Syahrir, Sultan Abdurrahman, Teuku Umar, Pattimura, Sisingamangaraja dan Tanjungpura.

Dari Jalan Tanjungpura, Presiden akan berjalan menuju Taman Alun Kapuas. Saat tiba di sana, beliau akan disambut dengan tari-tarian dan sebagainya.

Kemudian, Presiden akan naik kapal yang sudah dipersiapkan menuju tempat pelepasan karnaval Sungai Kapuas yang diikuti kapal-kapal hias. Rencana sementara, ada dua opsi tempat pelepasan karnaval sungai, yakni di depan Masjid Jami' atau di Taman Alun Kapuas.

Selain karnaval kapal dan mobil hias, pada malam harinya, rencananya juga digelar malam hiburan rakyat. Panggungnya direncanakan di depan Kantor Pomdam XII Tanjungpura.


(TII)