Api di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan

Al Abrar    •    Sabtu, 22 Aug 2015 22:25 WIB
Api di Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan
Kebakaran yang melanda Taman Nasional Gunung Merbabu terlihat dari kawasan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (21/8) dini hari. Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah berhasil dipadamkan pada Sabtu sore. Sekitar 330 personil tim gabungan berhasil memadamkan api dengan peralatan yang terbatas lantaran titik api berada di lereng-lereng gunung dan tidak ada air.

"Tim gabungan telah memastikan tidak ada sisa-sisa bara api," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (22/8/2015).

Adapun luas wilayah yang terbakar, lanjut Sutopo, ada sekitar 90 hektar, dimana 40 hektar di Kabupaten Magelang dan 50 hektar di Kabupaten Boyolali. Dia merinci, Sekitar 200 personil dari BPBD Magelang, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat pada Sabtu pukul 08.00 WIB diberangkatkan 4 kloter relawan, dimana 3 kloter melalui posko Suwanting dan 1 kloter melalui Sobleman, Kecamatan Sawangan.

Adapun daerah-daerah yang berhasil dipadamkan adalah Desa Genikan, Kecamatan Ngablak, Jalur pendakian Wulunggunung, Dusun Denokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Lembah Manding, Puncak Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Sabana dan Sumber mata air Dampo Awang.

Sementara dari Kabupaten Boyolali, sekitar 130 personil dari BPBD Boyolali, BPBD Klaten, TNI, Polri, TNGM, UNY, relawan dan masyarakat berhasil memadamkan 50 hektar pada perdu ilalang, tanaman Edelweis, dan sebagian hutan lindung yang ada di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

"Tim gabungan memadamkan terus-menerus dengan menggunakan ranting dan membuat sekat agar api tidak meluas. Tim bertahan di gunung dan regu porter mengirim logistik setiap 5 jam," ujarnya.
(ALB)