41 Calon Haji di Tiga Kloter Surabaya Gagal Berangkat

Catur Irawan    •    Minggu, 23 Aug 2015 10:50 WIB
haji 2015
41 Calon Haji di Tiga Kloter Surabaya Gagal Berangkat
Petugas membantu jemaah calon haji sebelum diberangkatkan ke Bandara Juanda menuju Mekah, di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/8). Foto: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Visa masih menjadi kendala utama jemaah calon haji tertunda keberangkatannya. Tercatat, di embarkasi Surabaya, dari tiga kloter yang sudah diberangkatkan, sebanyak 41 gagal berangkat.

Persoalannya masih sama, keterlambatan terbitnya visa dari Kedutaan Besar Arab Saudi. Di kloter satu, sebanyak 13 jemaah gagal berangkat. Di kloter dua 11 jemaah dan di kloter tiga 17 jemaah. Hingga kini mereka masih berada di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, menunggu informasi lebih lanjut.
 
Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Surabaya mengakui permasalahan visa yang belum selesai menjadi kendala petugas dalam melayani tamu Allah.

Meski demikian, ada empat petugas dari embarkasi Surabaya yang sudah disiagakan di Mekkah untuk mengurus visa haji ini. Panitia haji meminta calon haji yang masih terkendala visa tidak khawatir.

"Kami berjanji segera menyelesaikan keterlambatan visa ini," kata Sekretaris PPIH embarkasi Surabaya, Muhammad Sakur, Minggu (23/8/2015).

PPIH, kata dia, sudah berkoordinasi dengan pihak Kedubes Arab Saudi. "Kami usahakan para jemaah yang tertunda bisa diberangkatkan bersama dengan kloter berikutnya," kata dia.


(UWA)