2 Tahun Buron, Tersangka Korupsi Asal Maluku Utara Tertangkap

Burhanuddin Arsyad    •    Minggu, 23 Aug 2015 12:02 WIB
kasus korupsi
2 Tahun Buron, Tersangka Korupsi Asal Maluku Utara Tertangkap
Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sula (APS), Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, berunjuk rasa di depan Kejaksaan Agung Jakarta, Senin (20/8). Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Ternate: Kejaksaan Tinggi Maluku Utara menangkap Zainal Mus, adik kandung Bupati Kepulauan Sula, Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus.

Zainal merupakan buronan tersangka korupsi pembangunan Jembatan Waikolbota Sanana, di Kepulauan Sula. Dia ditangkap tim penyidik Kejati Malut setelah melarikan diri dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) selama dua tahun.
 
"Zainal ditangkap di tempat persembunyainnya di  Hotel Sriwijaya, Jakarta Pusat," kata Ketua Tim Penyidik Kejati Maluku Utara, Asep Maryono, Minggu (23/8/2015). Sebelumnya, Zainal telah divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Ternate.
 
Zainal dibawa ke Ternate dengan tangan diborgol dan dikawal ketat sejumlah polisi. Saat turun dari pesawat, di Bandara Babullah, Ternate, Minggu pagi, Zainal langsung digiring ke ruang pemeriksaan Kejati Malut. Setelah diperiksa sekitar 30 menit, Zainal kemudian dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Jambula, Ternate.

Zainal melarikan diri saat berkas perkaranya akan diserahkan ke Pengadilan Negeri Ternate oleh jaksa penuntut untuk disidangkan. Sebelum ditangkap, penyidik kejaksaan telah melayangkan panggilan selama tiga kali. "Namun, Zainal tidak pernah menanggapi dan Kejati menetapkan dia sebagai DPO, katanya.
 
Zainal terseret kasus korupsi pembangunan Jembatan Waikulbota Sanana pada 2013. Negara dirugikan senilai Rp900 juta. Sebelumnya Zainal telah menjalani masa tahanan di Rutan klas II Ternate selama dua tahun dalam kasus pembalakan liar di Pulau Taliabu pada 2011.

Zainal dijerat Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman empat hingga 20 tahun penjara.


(UWA)