Presiden Ingin Pasar di Pontianak Ditata

Antara    •    Minggu, 23 Aug 2015 14:49 WIB
pasar
Presiden Ingin Pasar di Pontianak Ditata
presiden Jokowi MI/Rommy

Metrotvnews.com, Pontianak: Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pasar-pasar lama yang ada dibangun dan ditata ulang dengan konsep pasar tradisional. Presiden Jokowi menyatakan hal itu saat meninjau Pasar Tengah, Jalan Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu pagi.

"Ini pasar lama, sebaiknya mengacu pada konsep pasar tradisional," ucap Presiden di Pontianak, Minggu (23/8/2015).

Sekitar satu blok ruko ludes terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi pada hari yang sama saat Presiden hadir untuk kunjungan kerja di Kalbar, sekaligus meresmikan Karnaval Khatulistiwa 2015.

Jokowi berjanji akan menata ulang pasar yang dibangun pada 1930-an itu dengan melibatkan semua kalangan. "Semua nanti berperan, pemerintah pusat bantu, pemerintah daerah juga, separuh-separuh. Harus segera dimulai," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan pembangunan pasar yang ludes terbakar itu akan dikalkulasi berdasarkan kebutuhan total, bukan sekadar yang terbakar tapi seluruhnya agar tertata rapi.

Ia berpesan agar seluruh pihak berhati-hati terhadap risiko korsleting listrik akibat pemasangan sambungan listrik yang tidak benar dan kabel-kabel yang tidak standar.

"Pasar ini ada historisnya, pasar pertama yang ada di Pontianak jadi sejarah seperti itu yang juga harus dilihat," imbuhnya.

 


(SAW)