Kemenperin Minta Daerah Pacu Pengembangan Industri Kecil

Antara    •    Kamis, 27 Aug 2015 15:05 WIB
industri kecil
Kemenperin Minta Daerah Pacu Pengembangan Industri Kecil
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Metrotvnews.com, Lebak: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta pemerintah daerah (pemda) memacu pengembangan industri kecil guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah setempat.

"Kita melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Lebak cukup melimpah dan berpeluang bagi pengembangan usaha daerah agar menjadi sentra-sentra industri kecil," kata Bidang Pengembangan Fasilitasi Industri Wilayah II Provinsi Banten Cordeliah, di Kabupaten Lebak, Kamis (27/8/2015).

Menurutnya, pengembangan usaha industri kecil di Kabupaten Lebak perlu dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), penerapan teknologi, pemasaran, dan jiwa kewirausahaan. Selama ini, pelaku industri kecil di daerah banyak yang tidak berkembang, padahal potensi alam cukup luar biasa.

Karena itu, pihaknya berharap agar pemerintah daerah bisa terus mendorong pelaku industri kecil untuk berkembang. Sebab, jika industri daerah itu berkembang dipastikan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami mendorong pemerintah daerah terus mengembangkan pelaku industri kecil, terlebih menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama ini produk industri kecil di daerah kalah bersaing dengan produk-produk luar negeri. Akhirnya, industri kecil di daerah tidak mampu merebut pasar internasional. Kekurangan produk industri daerah adalah minimnya SDM, penerapan teknologi, dan pemasaran.

"Kami optimistis pelaku industri kecil di Lebak bisa tumbuh dan bisa bersaing dengan produk luar karena memiliki potensi alam," pungkasnya.
(ABD)