Melongok Jeroan Kawasaki Z800

   •    Jumat, 21 Jun 2013 08:00 WIB
Melongok Jeroan Kawasaki Z800
Kawasaki Europe

Metrotvnews.com, Jakarta: Akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan sepeda motor yang masuk dalam kategori motor besar sejati. Kami sebut demikian karena bukan hanya karena mesin Z800 memiliki kapasitas 800 cc tetapi juga karena empat silinder yang diusungnya.

Dampak dengan semakin banyaknya silinder membuat secara 'audio' Z800 ini memiliki suara 'geraman' khas 'motor gede' yang lebih kental. Terlebih ketika grip akselerator kita pelintir secara mendadak yang mengubah suara geraman menjadi 'raungan' pendek seperti harimau.

Sementara secara 'visual', mesin empat silinder yang diusungnya membuat kesan sensual dan eksotis makin terasa. Terlebih Kawasaki Z800 merupakan jenis sepeda motor 'naked bike' alias tanpa 'fairing' alias tanpa 'baju' yang menutupi 'komponen vital' dengan empat pipa exhaust tersebut.

Spesifikasi mesin Kawasaki Z800:

Tipe: 4 langkah 4 silinder segaris berpendingin cairan
Diameter x Langkah: 71,0 x 50,9 mm
Kapasitas mesin: 806 cm3 (cc)
Rasio kompresi: 11,9:1
Mekanisme katup: DOHC 16 katup
Pasokan bahan bakar: Fuel Injection 34 mm x 4 (Mikuni), dual throttle valves
Sistem pengapian: Digital
Starter: Elektrik
Sistem pelumasan: Pelumasan bertekanan jenis wet sump
Transmisi: 6-Speed
Tenaga maksimal: 113 PS pada 10.200 rpm
Torsi maksimal: 83 Nm/8,5 kgm pada 8.000 rpm
   
Untuk soal tampilan, kita tidak perlu meragukan kemampuan Kawasaki dalam merancang sepeda motor. Sepeda motor yang masuk dalam kategori kelas berat menengah ini merupakan salah satu dari penerus keluarga Kawasaki Z yang legendaris di dunia yang pertama kali diluncurkan 40 tahun lalu.

Kesan futuristis dan moderen tertuang pada garis-garis tegas dan tajam berpadu dengan lekuk-lekuk membulat yang meskipun menjadi minoritas namun mampu memberi makna. Sementara 'wajah' depannya menunjukan aura yang 'mengancam'.

Meskipun bertampang 'buas', Kawasaki Z800 diklaim memiliki karakter yang bersahabat bahkan bagi pengendara pemula berkat peningkatan performa cengkraman roda dan traksinya di berbagai kondisi jalan.

Hal itu tercapai berkat rancangan tubular backbone bersama engine sub-frame hingga bertambahnya kekakuan rangka melalui penerapan high tensile steel yang dipadu performa suspensi yang disempurnakan.

Sasis dan Suspensi:

Suspensi depan: Garpu 41 mm upside down.
Suspensi belakang: Bottom-Link Uni-Trak gas shock absorber
Rem depan: Dual semi-floating 310 mm petal discs Dual opposed 4-piston
Rem belakang: Single 250 mm petal disc Single-piston
Dimensi (P x L x T): 2.100 mm x 800 mm x 1.050 mm
Jarak sumbu roda: 1.445 mm
Jarak ke tanah: 150 mm
Tinggi tempat duduk: 834 mm
Bobot: 229 kg