Mimpi Pemerintah Menyalurkan Subsidi Pakai Satu Kartu

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 27 Aug 2015 18:24 WIB
forum sistem pembayaran indonesia
Mimpi Pemerintah Menyalurkan Subsidi Pakai Satu Kartu
Menkeu Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyambut baik pembentukan Forum Sistem Pembayaran Indonesia (FSPI) sebagai forum koordinasi antarkementerian dan lembaga dalam merumuskan satu kebijakan yang searah.

Menurut Bambang, dengan adanya forum ini diharapkan bisa dibentuk suatu sistem yang terpadu menggunakan kartu. Bahkan, sistem pembayaran dengan kartu akan digunakan pula untuk menyalurkan subsidi pemerintah kepada masyarakat.

"Kami menyambut gembira, terutama Kementerian Keuangan. Dalam konteks pemerintah bisa kirim langsung kepada masyarakat. Kita harus dorong mimpi kita subsidi kepada warga langsung diberikan melalui sistem pembayaran dengan kartu," tutur Bambang di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).

Dirinya menambahkan, setiap warga Indonesia seharusnya memiliki smart card, bukan hanya smart money. Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini memungkinkan setiap transaksi menggunakan satu kartu.

Dengan kartu tadi juga, nantinya setiap warga yang berhak akan memiliki saldo dengan nominal tertentu. Sehingga bagi yang tidak memiliki kartu tidak akan menikmati subsidi yang disalurkan pemerintah.

"Dengan komitmen dengan perkembangan tekonologi dan menggunakan kartu itu, kita bisa memberikan raskin, kita masih ingin memberikan subsidi BBM kepada masyarakat yang tidak mampu lainnya. Kalau di masa lalu, harga dimurahkan, tapi orang yang tidak berhak pun menikmati," pungkas dia.


(AHL)