Titik Kumpul Massa Buruh Dialihkan dari HI ke Patung Kuda

Wanda Indana    •    Selasa, 01 Sep 2015 10:41 WIB
demo buruh
Titik Kumpul Massa Buruh Dialihkan dari HI ke Patung Kuda
Ilustrasi--Antara/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi mengalihkan titik kumpul massa buruh di Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Patung Kuda. Hal tersebut dilakukan agar kemacetan dapat diminamalisir.

"Nanti buruh akan lewat saja di sini (Bundaran HI), kita arahkan ke patung kuda," kata Kabid humas Polda Metro Jaya, M Iqbal di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Iqbal mengimbau kepada buruh agar melakukan aksi damai tanpa anarkis, dan tidak merusak fasilitas umum. Dia yakin, pihaknya dapat mengamankan massa buruh yang diprediksi mencapai 25 hingga 40 ribu orang.

"Kita mengimbau jangan anarkis, aksi damai, silakan menyampaikan tuntutan dengan tidak melan‎ggar undang-undang," imbau dia.

Kepolisian menyiapkan 1.583 pasukan gabungan keamanan untuk mengamankan aksi buruh di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sementara di Istana Negara polisi menyiapkan 6.000 pasukan. Massa diperkirakan akan berkumpul sekira pukul 10.00 WIB di Bundaran HI.

Pantauan Metrotvnews.com, hingga saat ini, polisi belum memberlakukan pengalihan arus. Sementara untuk pengamanan sendiri, polisi menyediakan dua unit water cannon dan 1 unit mobil ambulans.


(YDH)