Otak Pengeboman Bangkok Ditangkap di Kamboja

Fajar Nugraha    •    Selasa, 01 Sep 2015 15:50 WIB
ledakan bangkok
Otak Pengeboman Bangkok Ditangkap di Kamboja
Tersangka utama pengeboman di Bangkok (Foto: Telegraph)

Metrotvnews.com, Bangkok: Perdana Menteri Thailand Prayut Chan Ocha mengatakan, tersangka utama pengeboman Thailand berhasil ditangkap di Kamboja.

"Dia berhasil ditangkap di pos pemeriksaan Sa Kaeio," ujar Prayut, seperti dikutip AFP, Selasa (1/9/2015).

Prayut menambahkan bahwa pria ini adalah tersangka utama dalam pengeboman Kuil Erawan di Bangkok, yang menewaskan 22 orang. Dia juga memastikan bahwa pelaku adalah warga asing.

Sebelumnya pelaku dikabarkan tengah bersembunyi di Kamboja. Pria itu diperkirakan kabur melalui perbatasan darat.

Pria yang tertangkap kamera CCTV mengenakan baju kuning. Sementara seorang tersangka lain yang tidak dikenal, juga memasuki Kamboja melalui rute sama dari tersangka utama itu.

Menurut Bangkok Post, polisi dan petugas imigrasi tidak bisa mengonfirmasi identitas dari tersangka pengeboman itu. Foto dari CCTV dilaporkan terlalu sulit terdeteksi karena kualitasnya yang buruk.

Hingga saat ini, pihak kepolisian baru menangkap satu orang yang diduga memiliki kaitan dengan pengeboman itu. Pria tersebut diketahui bernama Bilan Muhammad. Pria berusia 47 tahun itu bisa berbahasa Inggris dan Arab.

Saat ditangkap Bilan membawa paspor palsu yang beridentitaskan seorang warga Turki berusia 28 tahun. Ketika ditangkap, polisi menemukan materi bahan pembuat bom.

Selain itu, polisi juga menyelidiki seorang perempuan Thailand yang diduga terlibat dalam pengeboman. Wanna dinyatakan sebagai tersangka setelah pemeriksaan di apartemen kedua di Bangkok. Apartemen itu juga dipenuhi oleh bahan pembuat bom.


(FJR)