Banyak Bangunan Liar di Sekitar Rusun Bidara Cina

Arga sumantri    •    Selasa, 01 Sep 2015 16:38 WIB
rusun
Banyak Bangunan Liar di Sekitar Rusun Bidara Cina
Bangunan liar di kawasan rumah susun bidara cina. (Foto: MTVN/Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bangunan liar banyak berdiri di sekitar Rusun Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Bangunannya menempel di setiap sudut rusun. Celakanya, Pemerintah Kota Jakarta Timur, seperti tutup mata.
 
Jumanta, 68, penghuni rusun, mengatakan, bangunan liar sudah lama ada di sekitar rusun. Pemilik bangunan liar mayoritas pendatang.
 
"Mayoritas yang bangun rumah dan warung itu pendatang, rata-rata bukan penghuni rumah susun. Tapi ada juga penghuni yang bangun," kata Jumanta saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Rusun Bidara Cina, Selasa (1/9/2015).
 
Jumanta mengakui, tindakan warga mendirikan bangunan di sekitar rusun menyalahi aturan. Dia dan sejumlah penghuni lain pernah menegur, namun mereka surut karena balik diancam.
 
"Kami kasih tahu mereka lebih galak. Dari pada kita ribut, akhirnya, ya sudahlah," Jumanta bercerita.
 
Seorang pemilik bangunan liar mengakui dirinya sudah lama mendirikan bangunan yang dijadikannya warung nasi. Dia nekat mendirikan warung di atas taman lantaran melihat peluang raup untung.
 
"Di sini banyak penghuninya. Namanya usaha, nyari peluang," kata pemilik warung nasi yang enggan menyebutkan namanya di rusun Bidara Cina.
 
Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah bangunan liar itu hampir bertengger di setiap sisi rusun. Mulai dari bahan kayu dan bambu, hingga semipermanen dari batako dan semen. Warga mendirikan bangunan liar untuk dijadikan tempat usaha. Padahal, sejatinya lokasi usaha sudah ditempatkan di lantai dasar rusun Bidara Cina.


(FZN)