Penjualan SSD Meningkat di Q2 2015

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 02 Sep 2015 11:14 WIB
hardware
Penjualan SSD Meningkat di Q2 2015
Komponen dalam sebuah SSD. foto: Intel

Metrotvnews.com: TRENDFOCUS baru-baru ini merilis laporan per kuartal terkait penjualan SSD pada Q2 2015. Cukup menarik, pangsa pasar dan total unit yang dikirimkan sepanjang kuartal itu ternyata mengalami peningkatan, sementara penjualan notebook dan PC terus mengalami penurunan. Salah satu faktor pendukung peningkatan ini adalah tingginya permintaan SSD oleh datacenter dan korporat.

Jumlah pengiriman SSD di seluruh dunia mengalami peningkatan sebesar 2,9 persen jika dibanding kuartal sebelumnya, dengan total 24 juta unit SSD. Jumlah kapasitas SSD yang dipasarkan juga mengalami kenaikan sebesar 13,3 persen atau sekitar 6,4 exabyte, dengan rata-rata kapasitas per SSD adalah 268 GB.



SSD dengan antarmuka SATA untuk korporat merupakan sektor yang mengalami peningkatan signifikan, yaitu sebesar 48,6 persen dibanding kuartal sebelumnya. TRENDFOCUS mengaklim ini adalah tren terbaru yang belum pernah muncul pada era HDD di kuartal yang sama. Samsung menjadi pemain utama untuk sektor ini, disusul dengan Kingston di posisi kedua.
 


(ABE)