Paus Fransiskus Minta Pendeta Ampuni Dosa Aborsi

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Sep 2015 14:32 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Minta Pendeta Ampuni Dosa Aborsi
Paus Fransiskus memimpin doa bersama di Vatikan, Italia, Selasa (1/9/2015). (Foto: AFP / ANDREAS SOLARO)

Metrotvnews.com, Vatikan: Paus Fransiskus kembali mengguncang dunia Katolik. Pada Selasa (1/9/2015), Fransiskus mengumumkan bahwa pendeta di seluruh dunia akan diperbolehkan mengampuni "dosa aborsi."

"Pengampunan Tuhan tidak boleh ditolak kepada seseorang yang sudah bertobat," ujar Fransiskus, yang mengaku sudah bertemu "banyak wanita" yang terluka atas keputusan berat melakukan aborsi, di Vatikan, Italia. 

Di Amerika Serikat, banyak pendeta yang memberikan maaf kepada pelaku aborsi. Pengumuman Fransiskus ini dilihat sebagai "perluasan dari pengampunan Gereja Katolik."

Kebijakan Fransiskus ini tidak mengubah doktrin Katolik, karena hanya berlaku di Tahun Pengampunan, sebuah masa dimana para penganut Katolik mungkin akan menerima pengampunan berbagai jenis dosa. 

Tahun Pengampunan pada 2015 dimulai pada 8 Desember mendatang hingga 20 November 2016. Sejumlah petinggi Vatikan mengatakan mungkin saja kebijakan Fransiskus ini dapat berlanjut setelah Tahun Pengampunan. 

"Saya bersimpati kepada wanita yang melakukan aborsi, beberapa dari mereka tidak punya pilihan lain," kata Fransiskus. "Saya sadar benar tekanan yang dihadapi mereka untuk melakukan keputusan tersebut."



(WIL)