Petugas Polres Jaksel Bekuk Tiga Begal Sadis

Nelly Marlianti    •    Rabu, 02 Sep 2015 15:24 WIB
curanmor
Petugas Polres Jaksel Bekuk Tiga Begal Sadis
Ilustrasi--Antara/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga kawanan pelaku begal digulung petugas Polres Jaksel. Tiga kawan begal yaitu FH (20), AT (24), IG (16).

"Kejadiannya, pada 5 Agustus lalu pada pukul 23.00 WIB. Pukul 03.00 WIB pelaku mengendarai motor berkeling ke 10 kawasan di antaranya Joglo, Ulujami, dan Pondok Aren. Petugas kemudian berhasil menangkap pelaku dua pekan setelah kejadian," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Ketiga pelaku tersebut ditangkap pada 26 Agustus lalu, di dua kawasan berbeda. FH ditangkap dikawasan Plaza Bintaro, saat tengah jalan-jalan, sementara AT dan IG ditangkap di Jalan Cendrawasih 2. Sementara lima pelaku lainnya dijadikan Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dalam melancarkan aksinya kawanan pembegal mengunakan berbagai senjata tajam di antaranya pisau, stik base ball, dan sebuah gergaji es batu untuk melukai korbannya. Ketiga pelaku ini pun tidak pandang bulu dalam melakukan pembegalan, siapa pun orang yang ditemuinya akan dijadikan korban.

Selain itu, salah satu di antara pelaku mengunakan jubah besar berwarna hitam, yang sengaja digunakan untuk menakuti para korban.

"Yang terekam di CCTV ada sekelompok anak muda yang berkumpul lima orang. Motor kelima pemuda langsung dirampas motor dan barang berharga lainnya. Kalau melawan langsung dibacok dan dipukuli," jelasnya.

Wahyu menambahkan, akibat kejadian tersebut satu korban mengalami luka kritis. Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Sebab, hanya dalam waktu empat jam pelaku dapat beraksi di 10 TKP.

"Kami masih mekakukan pendalaman adanya kelompok lainnya yang terlibat. Termasuk para penadah dari barang curian tersebut," terangnya.

Pihak kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa rekaman CCTV, senjata tajam seperti pisau dapur, gergaji es sepanjang 1,5 meter, tongkat baseball yang sudah penyok setelah digunakan untuk memukul korban, dua motor, belasan ponsel, dan bodi motor yang sudah dipreteli. Ketiganya pun diancam pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.


(YDH)